Hukum & Kriminal

Rizal Ramli Bandingkan Dirinya dengan Ahmad Dhani, Seperti Apa?

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dhani Ahmad Prasetyo mendapat tamu istimewa hari ini Sabtu (30/3/2019) di Rumah Tahanan (Rutan) Medaeng. Adalah Rizal Ramli yang menyempatkan diri untuk mengunjungi suami dari Mulan Jameela tersebut.

Pada awak media Rizal Ramli menyatakan kedatangan dia ke Rutan Medaeng sebagai wujud rasa simpati terhadap Ahmad Dhani yang dia anggap sebagai pejuang demokrasi tersebut.

Rizal Ramli menyampaikan apa yang dialami Ahmad Dhani juga dia alami pada era Presiden Soeharto, ia juga mengaku pernah ditahan selama 1,5 tahun.

Saat itu kata Rizal Ramli, pada jaman Soeharto pada saat dia umur 22 tahun, dia diadili dan ditangkap karena menulis buku putih perjuangan mahasiswa. “Saya dipenjara 1,5 tahun. Pada waktu itu pemerintahan Orba menggunakan undang-undang kolonial haatzai artikelen. Yaitu siapa yg menghina Ratu Belanda bisa diadili dan dipenjara, di Belandanya sendiri undang-undang haatzai artikelen sudah tidak ada,” ungkap Rizal Ramli.

Akan tetapi, pada waktu itu, Rizal menjelaskan undang-undang haatzai artikelen masih digunakan untuk menangkap oposisi seperti dirinya kala itu.

“Tapi pemerintahan Soeharto, menggunakan undang-undang kolonial itu untuk menangkap oposisi, pimpinan mahasiswa seperti saya pada saat berumur 22 tahun,” ujar Rizal Ramli.

Sementara itu, dibeberkan oleh Rizal Ramli, jika Undang-undang ITE saat ini lebih dasyat dan lebih menyeramkan dan drakunian.

“Hari ini, ada undang-undang ITE yang lebih dahsyat, yang lebih menyeramkan yang lebih drakunian, yang dipakai untuk menangkap siapapun. Yang salah ngomong, yang salah tulis di sosmed langsung bisa ditangkap. Ini jauh lebih menyeramkan dari undang-undang kolonial jaman Belanda,” jelas Rizal Ramli.

Rizal Ramli mengaku setuju jika undang-undang ITE digunakan untuk menjerat elektronik terorisme, seksual dan kejahatan keuangan.

Rizal Ramli juga mengaku, saat ketemu Dhani didalam rutan akan menyampaikan jika situasi ini tidak lama lagi. [uci/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar