Hukum & Kriminal

Razia Balap Liar, Puluhan Motor Diamankan

Ponorogo (beritajatim.com) – Satuan lalu lintas Polres Ponorogo pada Minggu (29/9/2019) dini hari menggelar razia balap liar. Sedikitnya ada 30 sepeda motor menggunakan knalpot brong dan tidak sesuai standar berhasil diamankan dalam razia tersebut.

“Razia ini merupakan tindak lanjut keresahan dan laporan dari masyarakat, yang merasa tidak nyaman. Karena aktifitasnya mengganggu yang pengendara lain, selain mengendara ugal-ugalan juga banyak yang tidak ada lampunya,” kata Bahri Kanit Turjawali Satlantas Polres Ponorogo Iptu Agus Syaiful, saat dikonfirmasi pada Minggu pagi.

Syaiful mengungkapkan kendaraan yang terjaring ini dilakukan penindakan tilang. Selain untuk efek jera, biar pengendara yang rata-rata masih ABG ini sadar akan bahaya dari menggunakan motor yang tidak sesuai standar. Selain bisa membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain.

“Razia ini kedepan akan rutin dilakukan jadi bukan hanya hari ini saja. Supaya Ponorogo bisa zero dari balapan liar,” katanya.

Syaiful memetakan titik-titik yang disinyalir diduga seeing digunakan balap liar di Ponorogo. Ada tiga titik yang difokuskan sat lantas Polres Ponorogo dalam melakukan razia pada minggu dini hari itu. Meliputi jalan kembar Suro Menggolo, jalan Ir. Juanda dan seputaran alun-alun Ponorogo.

“Di dalam kota, tiga titik tersebut diduga sering digunakan balap liar maupun trek-trekan yang menggangu pengendara lain,” ungkapnya.

Dia menambahkan bagi mereka yang ingin mengambil motor yang ditilang tersebut, pihaknya memberi syarat selain menunjukkan surat-surat lengkap. Pemilik juga disuruh mengganti dengan spesifikasi standar yang sesui ditetapkan Polri. “Knalpot brong maupun ban ukuran kecil harus diganti yang sesuai standar jika ingin diambil,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar