Hukum & Kriminal

Hasil Sitaan dari Penghuni Lapas

Ratusan Handphone Dibakar

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 333 buah handphone (Hp) berbagai merk beserta charger hasil sitaan dari para warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Provinsi Jawa Timur dan Lapas Kelas IIA Pamekasan, dimusnahkan dengan cara dibakar, Sabtu (27/4/2019).

Jumlah tersebut merupakan hasil sitaan petugas yang didapat dari para warga binaan, dan dimusnahkan bersamaan dengan momentum Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 yang digelar di depan kompleks Lapas Kelas IIA Pamekasan. “Barang sitaan ini kita temukan di dalam Lapas saat melakukan razia yang dilakukan dalam tiga bulan terakhir,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Pamekasan, Hanafi kepada sejumlah wartawan.

Selain itu, pihaknya juga bakal menindak tegas para warga binaan yang melakukan pelanggaran dengan menggunakan Hp di dalam Lapas. Salah satunya dengan tidak memberikan jaminan berupa remisi.

Bahkan pihaknya juga tidak segan memberikan tindakan tegas kepada para petugas Lapas jika kedapatan melanggar hukum. “Petugas juga kami instruksikan untuk tidak main-main, termasuk para sipir yang harus bertindak tegas jika menemukan pelanggaran di wilayah Lapas,” tegasnya.

Disinggung soal banyaknya Hp yang didapatkan didapat di kompleks instansi yang dipimpinnya, pihaknya menyampaikan hal itu bukan semata-mata akibat kelalaian petugas. “Selama ini kami akui banyak modus yang dilakukan oleh para pengunjung Lapas,” jelasnya.

“Prinsipnya kalau masih lolos (dari penjagaan petugas) bukan berarti kami lalai dan tidak sigap, apalagi sampai saat ini kami juga belum memiliki alat pendeteksi handphone,” sambung pimpinan yang akrab disapa Pak Hanafi.

Dari itu pihaknya komitmen untuk menegakkan regulasi guna menghapus stigma negatif masyarakat terhadap keadaan Lapas. Termasuk pada peredaran barang haram jenis narkoba. “Pemusnahan Hp ini merupakan hasil kerja keras petugas, kami ingin Lapas menjadi motor penggerak dalam mewujudkan hukum yang baik,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar