Hukum & Kriminal

Polsek Pakis Malang Tangkap Pencuri Spesialis Rumah Kosong

Malang (beritajatim.com) – Polsek Pakis, Kabupaten Malang menangkap dua orang pencuri spesialis rumah kosong, Jumat (18/10/2019).

Kapolsek Pakis Iptu Sutiyo mengatakan, dua orang pelaku beraksi di Perum Asrikaton Indah, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, pada Minggu (11/8/2019) sekitar pukul tujuh pagi. Pelaku menyatroni rumah milik seorang purnawirawan TNI, Surgiyanto (60).

Kedua pelaku masing-masing bernama Eka Budianto (27), warga Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis dan Dwiky Septian (20), warga Desa Pakiskembar, Kecamatan Pakis.

“Kedua pelaku ini pencuri spesialis rumah kosong. Barang yang hilang milik korban berupa 1 buah dos book HP Samsung Galaxy A6+, 1 buah dos book HP Oppo A83, 1 buah dos book HP Samsung Galaxy J2 Pro dan 1 buah Dos Book Xiaomi 4X,” ungkap Iptu Sutiyo.

Dari hasil penyelidikan, kata Sutiyo, pihaknya menyita barang bukti dari pelaku berupa 1 buah HP Merk Oppo A83 hasil kejahatan. Kemudian 1 buah HP Merk Samsung Galaxy J2 Pro hasil kejahatan, 1 buah HP Merk Xiaomi 4X hasil kejahatan, 1 buah obeng warna merah sebagai sarana kejahatan, serta 1 buah kemeja kain lengan pendek warna putih motif bunga warna biru baju yang dipakai sewaktu melakukan kejahatan.

“Saat kejadian, korban tidak ada di rumah karena sedang melakukan salat Idul Adha. Rumah dalam keadaan kosong. Dua pelaku masuk dengan cara melubangi dinding sebelah mengunakan alat berupa obeng dan palu. Setelah berlubang, kemudian salah satu pelaku masuk, sedangkan satunya lagi berjaga di luar,” bebernya.

Barang bukti yang disita petugas dari dua tersangka

Sutiyo melanjutkan, dari dalam rumah korban, kawanan tersangka mengambil 4 buah HP dan juga uang tunai kurang lebih Rp 1,7 juta. Kemudian berdasarkan cek posisi HP, pelaku berhasil ditangkap pada Jumat (18/10/2019) dini hari di wilayah Pakis.

“Hasil pemeriksaan, kedua tersangka mengakui telah melakukan perbuatan yang sama dengan sasaran rumah kosong di 19 TKP wilayah Pakis, Kabupaten Malang. Barang bukti lain dari hasil pengembangan kasus ini yang kita sita, berupa 1 buah HP Samsung J5 di peroleh di TKP Perumahan Asrikaton Indah. Serta 27 lembar nota gadai di beberapa koperasi yang berisi bukti gadai sejumlah barang hasil kejahatan,” pungkas Sutiyo. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar