Hukum & Kriminal

Polresta Kediri Gerebek Pabrik Abon Palsu

Kediri (beritajatim.com) — Unit Pidsus Satuan Reskrim Polresta Kediri menggerebek pabrik berskala kecil alias home industri pembuatan abon sapi merek pesawat terbang, saus tiram, tepung, kecap, minyak wijen, selai nanas dan saus raja rasa di Jalan Raung, Kelurahan Banjarmlati, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Kamis (24/1/2019). Pasalnya, tempat tersebut diduga memproduksi berbagai produk palsu.

Penggrebegan dipimpim langsung oleh Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H dengan didamping Kasat Resrkim AKP Andy Purnomo , SH, M.H bersama anggota Reskrim. Lokasi, home industri tersebut terlihat seperti rumah biasa. Melalui jalan samping rumah, ada beberapa kamar. Sementara di bagian belakang terlihat ruang-ruang yang dugunakan untuk memproduksi berbagai macam produk .

Mulai dari proses pengadukan hingga pengemasan. Di sudut ruangan tersimpan ribuan kemasan yang telah siap dipasarkan. Sementara di ruangan lain juga terdapat tumpukan kardus kemasan yang belum terpakai.

Dalam penggerebekan tersebut petugas berhasil menyita ribuan produk yang dikemas dalam kardus dan siap dipasarkan, serta menyita beberapa alat yang digunakan untuk memproduksi bahan bahan tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Kediri AKP Andy Purnomo mengatakan, ribuan produk yang disita dalam proses penyelidikan lebih lanjut. “Ada indikasi pemalsuan merek dan tidak layak konsumsi. Saat ini kita masih mendalami kasus tersebut. Mereka kami jerat dugaan pasal tentang perlindungan konsumen dan Undang Undang Pangan. Untuk data lebih detail belum bisa kita berikan karena masih kita kompulir ,” pungkasnya. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar