Hukum & Kriminal

Polres Tanjung Perak Terima WBK dan WBBM dari Wakil Presiden

Kapolres Tanjung Perak, Surabaya, AKBP Anthonius Agus menunjukkan penghargaan WBK dan WBBM di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12/2019). (istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Penghargaan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) diberikan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Jakarta, Selasa, (10/12/2019). Penyerahan penghargaan yang digelar di Hotel Bidakara ini diberikan kepada 15 kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah.

Satu di antara penghargaan tersebut diberikan kepada Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polda Jatim yang saat itu diterima langsung oleh Kapolres AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Dalam sambutannya, Wapres yang didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa penghargaan ZI kepada unit-unit pelayanan strategis tersebut merupakan upaya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan melayani.

“Dengan predikat unit kerja yang berhasil meraih WBK dan WBBM, artinya unit kerja saudara menjadi ikon perubahan birokrasi, sehingga gerak langkah yang saudara lakukan akan dilihat oleh seluruh stakeholder lain,” kata Wapres kepada para penerima penghargaan tersebut yang dikutip dalam rilis Humas Polres Tanjung Perak Surabaya, Selasa (10/12/2019).

Wapres juga berpesan agar institusi pemerintahan yang mendapat penghargaan tersebut terus menjalankan prinsip-prinsip pelayanan publik yang berintegritas dan bebas dari segala bentuk korupsi.

“Semakin baiknya integritas birokrasi, maka akan memperkuat public trust dalam pelayanan publik kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Men PANRB mengatakan pembangunan ZI bertujuan untuk membangun budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi dan berkualitas.

“Pembangunan zona integritas bertujuan membangun program reformasi birokrasi serta membangun percontohan pada tingkat unit kerja pada instansi pemerintah sebagai unit WBK dan WBBM,” kata Tjahjo Kumolo.

Adapun instansi yang menerima penghargaan tersebut adalah Kejaksaan Agung RI (55 unit kerja), Mahkamah Agung (62 unit kerja), Kementerian Keuangan (149 unit kerja), Kementerian Hukum dan HAM (43 unit kerja), Kementerian Perhubungan (12 unit kerja), Kementerian Perindustrian (6 unit kerja), Kementerian Luar Negeri (8 unit kerja), Kementerian ATR (7 unit kerja), Kementerian Agama (5 unit kerja), BPOM (7 unit kerja), Kemendikbud (10 unit kerja) dan Polri (42 unit kerja).

Sementara untuk kepala daerah ada dua yang mendapat penghargaan tersebut, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 5 unit kerja dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 6 unit kerja. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar