Hukum & Kriminal

Polres Pamekasan Petakkan Wilayah Rawan Pemilu

Pamekasan (beritajatim.com) – Polres Pamekasan memetakkan tiga kecamatan berbeda di wilayah setempat, yang dinyatakan masuk katagori rawan saat pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Ketiga wilayah tersebut meliputi Kecamatan Batumarmar, Pasean dan Waru. Seluruhnya merupakan wilayah kawasan pantura di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, nantinya bakal diterapkan pola pengamanan efektif guna mengantisipasi berbagai kemungkinan.

“Khusus untuk daerah rawan ini nantinya bakal mendapatkan pengamanan khusus dibandingkan wilayah lainnya,” kata Kabag Ops Polres Pamekasan, Kompol Jalaluddin, Kamis (21/3/2019).

Pemetaan wilayah rawan tersebut mengacu pada giat pengamanan pada berbagai proses pesta demokrasi yang digelar sebelumnya. “Jenis kerawanan di tiga kecamatan ini ditinjau dari letak geografis, serta sejumlah catatan khusus di setiap pelaksanaan pemilu,” ungkapnya.

“Secara umum, nanti kita akan tetap melakukan pengawasan sekaligus pengamanan di 3.133 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Namun untuk tiga wilayah katagori rawan kita berlakukan pengawasan khusus dengan jumlah personil lebih banyak,” tegasnya.

Sementara Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo menjelaskan instansi yang dipimpinnya menerjunkan sebanyak 7.270 personil dari berbagai instansi gabungan untuk pelaksanaan pemilu yang akan digelar serentak 17 April 2019 mendatang.

“Personil gabungan ini melibatkan personil dari berbagai instansi samping, meliputi sebanyak 550 personil Polri, 250 personil TNI, 6.270 personil Linmas, serta sebanyak 200 personil Satpol-PP dan Dishub Pamekasan,” jelasnya.

Dari itu, pihaknya nantinya bakal segera menerjunkan ribuan personil sesuai dengan titik pengamanan yang sudah ditentukan. “Nanti mereka kita gerakkan ke masing-masing TPS bersamaan dengan pendistribusian logistik pemilu, yakni pada H-1 sebelum pemungutan suara,” pungkasnya.

Berdasar data hasil rekapitulasi KPU Pamekasan, tercatat sebanyak 706.619 pemilih yang akan berpartisipasi pada pelaksanaan pemilu mendatang, meliputi sebanyak 341.906 pemilih laki-laki dan sebanyak 364.713 pemilih perempuan. Mereka nantinya akan menyalurkan hak suara di 3.133 TPS yang tersebar di 189 desa dan kelurahan. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar