Hukum & Kriminal

Polisi Ringkus Spesialis Pembobol ATM Antarkota

Gresik (beritajatim.com) – Tiga orang spesialis pembobol ATM antarkota diringkus polisi. Mereka ditangkap pada Sabtu (4/52019) di gerai ATM Perum Gresik Kota Baru (GKB). Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti.

Ketiga pelaku diantaranya Dapuk Siswo F Anasiro (43), warga Gampang, Prambon, Sidoarjo. Selanjutnya, Efendi (43), asal Desa Kampung Baru, serta Adri (26), warga Pekon Buah, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus.

Dalam melancarkan aksinya, komplotan pelaku menggunakan mobil Terios nopol D 1877 SAM. Mereka mencari sasaran keliling tempat yang dianggap aman. Setelah menemukan lokasi sasaran, para pelaku beraksi.

Modus yang dilakukan pelaku saat membobol ATM adalah memasukkan kawat panjang menggunakan tang ke mesin ATM. Tidak hanya itu, pelaku juga berbekal garpu yang sudah dipotong bagian tengahnya. Garpu itu digunakan untuk mengambil uang yang keluar dari mesin ATM.

Setelah uang keluar, tidak mengurangi saldo yang ada di dalam ATM pelaku. Komplotan tersebut diringkus berbekal informasi dari masyarakat. Bahwa, terdapat mobil mencurigakan berada di dekat gerai ATM. Berdasarkan informasi itu, sejumlah petugas langsung ke lokasi.

Setelah dilakukan penyidikan, polisi menggeledah mobil pelaku. Polisi menemukan barang-barang yang mencurigakan. Petugas akhirnya membawa ketiga pelaku ke Mapolres Gresik. Berdasarkan hasil interogasi, para pelaku mengakui telah melakukan kejahatan membobol ATM.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro membenarkan penangkapan tersebut. Hanya saja sampai saat ini kasus tersebut masih dalam proses pengembangan. “Iya benar anggota telah melakukan penangkapan tiga pelaku,” ujarnya, Minggu (5/5/2019).

Ia menambahkan, hasil dari interogasi, ketiga pelaku itu merupakan spesialis pembobol mesin ATM bank dan kerap kali berpindah-pindah lokasi. “Ketiga pelaku sudah kami tahan setelah menjalani pemeriksaan,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar