Hukum & Kriminal

Polisi Gerebek Komplotan Lansia Pembuat Upal di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Komplotan lanjut usia (Lansia) pembuat uang palsu atau upal di Kecamatan Balongpanggang, Gresik digerebek polisi. Dalam penggerebekan itu, polisi mengamankan empat orang yakni Rusman (51) asal Desa Babatan, Kecamatan Balongpanggang, Gresik; Khusnan Effendi (63), asal Kelurahan Bangsari, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo; Fahrul Fauzi (63), asal Kelurahan Pucangro, Kecamatan Gudo, Jombang, dan Jono (69) asal Desa Ngampel, Kecamatan Balongpanggang, Gresik.

Nama terakhir, penahanannya ditangguhkan karena sakit. Kemudian, satu tersangka yang juga otak pembuatan upal, Toni (35), asal Mojokerto menjadi daftar pencarian orang (DPO).

Terbongkarnya kasus ini berawal saat petugas Polsek Balongpanggang, Gresik mendapat informasi dari masyarakat bahwa di rumah tersangka Rusman, terdapatan aktivitas pembuatan uang palsu bersama tiga rekannya.

Mengetahui ada informasi itu, selanjutnya petugas memeriksa dan menggeledah rumah tersebut dan ditemukan beberapa alat yang digunakan uang palsu. “Tersangka mengakui telah membuat uang palsu dengan nominal Rp 100 ribu yang belum dipotong,” ujar Kanit Pidum Satreskrim Polres Gresik, Ipda Aditya, Senin (17/06/2019).

Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya, dua meja kaca, dua screen untuk mensablon kertas. Dua botol minyak sablon ukuran satu liter, satu unit laptop, satu unit printer warna yang diduga untuk membuat uang palsu. Serta sejumlah lembaran uang senilai Rp 100 ribu yang belum dipotong.

Salah satu pelaku, Fahrul Fauzi, mengaku dirinya terkait dengan kasus ini cuma diajak oleh Toni yang sudah kabur terlebih dulu. “Saya cuma ikut-ikutan karena tergiur dengan ajakan Toni setelah libur Lebaran. Rencananya, upal tersebut digunakan untuk keperluan sehari-hari,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya itu, keempat tersangka dijerat dengan pasal 36 ayat 1 Jo pasal 26 ayat 1 UU RI nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman 10 tahun penjara. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar