Hukum & Kriminal

Polda Kerahkan 26 Ribu Personil Guna Amankan Pemilu

Surabaya (beritajatim.com) – Pemilu yang sebentar lagi dihelat bakal mendapat pengamanan yang cukup ketat dari kepolisian, untuk wilayah Jawa Timur Polda mengerahkan 26.327 personel. Jumlah tersebut dikerahkan dalam operasi pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019 April mendatang di wilayahnya.

Puluhan ribu personel tersebut terdiri dari, 24.327 ribu personel dari Polres seluruh Jawa Timur dan 2500 personel anggota Polda Jatim sendiri. Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menyampaikan, puluhan ribu personel kepolisian dalam operasi bersandi Mantab Brata Semeru Pengamanan Pemilu 2019 tersebut, nanti akan diback up oleh anggota TNI dan pengamanan sipil.

“Sehingga total riil personel yang terlibat dalam pam kali ini sekitar 41 ribu lebih personel,” ucap Luki usai memimpin apel gelar pasukan di lapangan Makodam V Brawijaya, Jumat (22/3/2019).

Luki berharap, personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Mantab Brata Semeru Pengamanan Pemilu 2019 dapat bekerja sama dengan baik sehingga pelaksanaan Pemilu bisa berjalan lancar. “Terus tingkatkan sinergitas dan dapat bekerja dengan maksimal, sehingga dalam pelaksanaan nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya.

Apel gelar pasukan Operasi Mantan Brata Semeru Pengamanan Pemilu 2019 dilaksanakan siang tadi di Lapangan Makodam V Brawijaya. Hadir dalam apel Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R. Wisnoe Prasetya Budi.

Usai apel dilaksanakan penandatanganan deklarasi damai Pemilu tahun 2019 oleh perwakilan peserta Pemilu. Dilanjutkan pembacaan ikrar pasukan yang terlibat dalam pengamanan pesta lima tahunan ini.

Untuk diketahui, Pemilu 2019 digelar pada hari Rabu tanggal 17 April. Ada beberapa pemilihan yang digelar secara serentak tersebut, yakni pemilihan presiden dan wakilnya, pemilihan anggota DPR, DPRD Provinsi hingga DPRD kabupaten maupun kota. Serta juga dilaksanakan pemilihan DPD. [uci/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar