Hukum & Kriminal

Peras Pejabat Gresik Rp 50 Juta, Oknum LSM Terjaring OTT

Gresik (beritajatim.com) – Diduga melakukan pemerasan terhadap narasumber di lingkup Pemda Gresik. Dua oknum dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LIPAN terkena operasi tangkap tangan atau OTT.

Keduanya ditangkap petugas gabungan dari Polres dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Mereka yang saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polres Gresik, bernama Jhonson dan Panjaitan asal Sidoarjo.

Penangkapan terhadap dua orang itu dilakukan di Kantor Bagian Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. “Kedua orang itu sekarang ini sedang diperiksa di unit Pidana ekonomi (Pidek) Satreskrim Polres Gresik,” ujar Kasi Intel Kejari Gresik R. Bayu Probosutopo, Senin (12/8/2019).

Sementara, Kabag Umum Pemkab Gresik, Sukardi mengaku kedatangan dua orang itu mengancam dan meminta uang Rp 50 juta. Namun demikian, mereka sudah dikuntit oleh petugas. “Sewaktu digerebek, posisi saya di ruang. Kedua orang itu berada di depan saya,” ungkapnya.

Sukardi mengaku, dirinya tidak mempunyai uang sebanyak itu. Namun, oknum LSM tersebut tetap bersikeras meminta uang Rp 50 juta.

Secara terpisah Kanit Pidek Satreskrim Polres Gresik, Ipda Suparlan membenarkan bahwa kedua oknum LSM sudah diamankan. Mereka masih menjalani proses pemeriksaan.

“Selain mengamankan tersangka. Barang bukti berupa uang Rp 5 juta, dan handphone milik pelaku yang berisi percakapan antara pelaku dan korban telah disita,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar