Hukum & Kriminal

Pengedar Sabu dan Ekstasi Ini Lolos Hukuman Mati

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim yang diketuai Syifaurosidin menjatuhkan pidana penjara selama 15 tahun pada Nurcholis. Pria asal Banyu Urip Surabaya ini langsung menerima. Pria kelahiran 25 tahun silam ini pantas berbahagia karena lolos dari hukuman mati mengingat banyaknya barang bukti yang disita petugas dari tangannya.

Dalam amar putusan yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim menyatakan jika terdakwa dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyalagunaan narkotika.

“Mengadili, dengan ini Majelis Hakim bersepakat dan memutuskan untuk menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 15 tahun penjara dan denda sebesar satu milyar apabila tidak dibayar maka diganti dengan hukuman badan selama tiga bulan kurungan,” ujar hakim dalam amar putusannya.

Mendengar putusan tersebut, terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya Fariji.SH, dari Lembaga Bantuan Hukum ( LBH) Lacak langsung menerima putusan tersebut dengan semangat. ” Saya terima putusan ini pak Hakim,” ucap terdakwa.

Sementara kuasa hukum terdakwa yakni Fariji mengaku lega dengan vonis tersebut. “Saya merasa lega sekali atas putusan ini, yang pasti usaha kami dalam membela klien bisa dikatakan berhasil karena loloskan dari ancaman hukuman mati,” ucap Fariji sambil tersenyum lebar.

Untuk diketahui bahwa pada persidangan sebelumnya, JPU menjerat terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 111 ayat (2) Undang Undang RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika.

Hingga JPU Darwis SH menjatuhkan tuntutan terhadap terdakwa selama 20 tahun penjara denda sebesar Rp 1 milyar Subsidair enam bulan kurungan. Terdakwa dianggap terbukti mamiliki narkotika jenis ganja batang dan bijiĀ  sebanyak satu kantong plastik berisi ganja seberat 19,301 gram, satu kantong plastik berisi sabu seberat 1,087 gram, tiga butir kapsul warna hijau kuning seberat 1,180 gram, lima butir Pil Ekstacy warna hijau muda dengan logo “XTC” seberat 2,125 gram, tiga buah timbangan elektrik, enam bendel plastik klip kosong, satu buah koper warna biru, serta satu Unit sepeda motor. [uci/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar