Hukum & Kriminal

Pembooking Vanessa Kembali Tak Datang ke Persidangan, Pengacara Minta Diterbitkan Status DPO

Surabaya (beritajatim.com) – Upaya Jaksa untuk mendatangkan pembooking Vanessa Angel yakni Rian Subroto untuk ketiga kalinya tak membuahkan hasil. Hal itu lantaran yang bersangkutan saat dipanggil melalui surat di alamat rumahnya di Lumajang namun tidak ada di tempat.

“Hari ini kembali tak datang dia (Rian),” ujar kuasa hukum salah satu mucikari yakni Endang Suhartini alias Siska yakni Franky Desima Warowu, Senin (15/4/2019).

Dengan ketidakhadiran Rian yang merupakan saksi kunci dalam kasus ini, Franky meminta pada majelis hakim yang diketuai Anne Rusiana supaya memerintahkan JPU agar menerbitkan status Dafat Pencarian Orang (DPO) pada Rian.

“Hari ini kita akan memphonkan kepada majelis hakim secara lisan dulu untuk memanggil secara paksa pada Rian, kalau dipanggil secara patut selama tiga kali namun dia tidak hadir maka kita akan meminta diterbitkan status DPO. Dalam KUHP pasal 244 ayat 1 sendiri secara jelas mengatur bahwa barang siapa yang dipanggil berkaitan dengan pokok-pokok perkara maka dia wajib untuk hadir, apabila tidak hadir bisa diancam hukuman sembilan penjara,” ujar Franky, Senin (15/4/2019).

Franky juga meminta agar kasus ini dihentikan apabila saksi Rian tetap tidak bisa didatangkan. ” Yang mau dibuktikan apa kalau saksi kuncinya ga datang,” ujarnya. [uci/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar