Ekbis, Hukum & Kriminal

Pemuda Jatiroto Lumajang Ditangkap Edarkan Ribuan Pil Koplo

Lumajang (beritajatim.com) – Tim Satreskoba Polres Lumajang berhasil menangkap pengedar ribuan pil koplo logo “Y” Zainal Arifin (33) warga Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto.

Terungkapnya kasus ini dari tertangkap tanganya seorang pembeli di Kawasan Taman Toga Kota Lumajang saat operasi razia kendaraan motor. “Berawal anak muda naik motor kendapat membawa pil koplo,” kata Kasat Reskoba Polres Lumajang, AKP Priyo Purwandinto pada wartawan, Selasa(9/4/2019).

Masih kata dia, dari pengakuan seorang pembeli mengarah ke seorang bandar di Jatiroto. Pihaknya, sangat kaget ditemukan sebanyak 5.004 butor pil logo Y dan DMP. “Ternyata barang buktinya banyak dan siap edar untuk diwadahi plastik klip,” paparnya.

Kapoles Lumajang, AKBP Arsal Sahban mengaku penangkap pengedar pil koplo oleh warga Jatiroto dengan barang bukti ribuan butir sangat mengagetkan. Karena, para penjualnya berada di pendesaan jauh dari perkotaan.

“Apa jadinya, bila generasi penerus bangsa dijualin barang merusak. Apalagi di pengedar tidak memiliki keahlian,” paparnya.

Pil Koplo merupakan jenis Trihexyphenenidyl yaitu obat untuk mengatasi gangguan pergerakan syaraf yang biasa diberikan kepada orang gila supaya tenang. Eeknya Memberikan ketenangan karena fungsi kerja otak diperlambat.
“Obat Ini seharusnya untuk orang gila, tapi oleh pengedar dijual kepada anak-anak muda,” jelasnya.

Tersangka langsung dibawa ke Mapolres untuk penyidikan dan dijerat Undang-Undang No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman 10 tahun penjara. (har/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar