Hukum & Kriminal

Pemuda Ini Curi Motor di Kandang Sapi

foto/ilustrasi

Gresik (beritajatim.com)- Perbuatan yang dilakukan tersangka Roni Hidayat (24) memang keterlaluan. Pemuda asal Desa Watestanjung, Kecamatan Wringinanom, Gresik itu nekad mencuri motor milik Suparman di kandang sapi.

Ironisnya, saat membawa kabur motor Honda Scoopy W 2487 BH itu. Roni sapaan akrabnya sangat leluasa. Pasalnya, kunci motor tersebut masih menempel. Namun, aksi curanmor (pencurian kendaraan bermotor) yang dilakukan Roni tidak berlangsung lama karena gerak-geriknya sudah tercium petugas.

Kapolsek Wringinanom AKP Fared Yusuf menuturkan, modus yang dilakukan tersangka berpura-pura membantu. Namun, kenyataannya malah membawa kabur motor yang diincar. 

“Tersangka memang pemain lama dalam hal curanmor,” ujarnya, Selasa (16/04/2019).

Menurut Fared, kronologis kasus curanmor ini bermula informasi dari masyarakat ada seorang laki-laki melakukan tindak curanmor di Desa Watestanjung, Kecamatan Wringinanom. Tepatnya, di kandang sapi milik Suparman. Dari hasil laporan itu anggotanya melakukan penyelidikan, dan mengarah kepada Roni Hidayat. 

“Saat kami tangkap tersangka mengakui perbuatannya,” ujarnya. 

Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita motor Honda Scoopy milik korban serta uang sebesar Rp 110 ribu. Pasalnya, saat membawa lari motor korban. Tersangka sempat menggadaikan motor itu di Krian, Sidoarjo.

“Barang bukti satu buah motor dan uang kami sita untuk melengkapi pemeriksaan,” papar Fared. 

Sementara pelaku Roni Hidayat mengaku dirinya mencuri motor dipakai untuk bersenang-senang. Usai mencuri motor tersebut langsung digadaikan ke daerah lain.

“Saya kapok tidak mengulangi perbuatan ini lagi,” ungkapnya. 

Atas perbuatannya itu, petugas menjerat Roni dengan pasal 363 KHUP ancaman 5 tahun penjara. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar