Hukum & Kriminal

Pembunuh Herfina Rahma Sari Dituntut Penjara 20 Tahun

Terdakwa Joko Hermanto saat melakukan rekonstruksi pembunuhan pada Agustus tahun lalu. (dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo menuntut 20 tahun penjara kepada terdakwa Joko Hermanto (25), atas aksi biadabnya membunuh Herfina Rahma Sari (19), pacaranya sendiri pada 23 Juli 2019. JPU Nanang Trianto membacakan tuntutannya dihadapan persidangan yang dipimpin oleh Hakim Ketua Sutrisno pada Rabu (12/2/2020) sore itu.

JPU menerapkan pasal 340 KHUP tentang pembunuhan berencana. Dasarnya, Terdakwa yang sengaja membeli sarung tangan untuk membunuh korban di jurang Desa/Kecamatan Sampung.

“Kami tuntut dengan hukuman 20 tahun penjara, terdakwa sengaja membeli sarung tangan di apotek dengan niat ingin membunuh korban,” kata JPU Nanang saat ditemui awak media usai sidang, Rabu sore.

Sikap Terdakwa yang kooperatif dan mengakui segala perbuatan di depan hakim, yang membuat JPU mengurungkan untuk menuntutnya dengan pasal berlapis. Yakni pasal 338, 349dan 351 ayat 3 KHUP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman seumur hidup. Seperti yang pernah diutarakan JPU dalam sidang dakwaan pada Januari lalu.

“Terdakwa jujur mengakui perbuatannya dan kooperatif menjadi pertimbangan kami,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kasus pembunuhan berencana ini bermula dari penemuan mayat perempuan di jurang Desa/Kecamatan Samping pada 23 Juli 2019 lalu. Belakangan polisi berhasil mengungkap siapa pembunuhnya, yang tidak lain adalah pacarnya sendiri yang bernama Joko Hermanto. Dia tega membunuh Herfina lantaran tidak mau bertanggungjawab atas bayi yang dikandung korban. Sebab Terdakwa kala itu sudah mempunyai istri. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar