Hukum & Kriminal

Pembangunan Mapolres Baru Gresik Telan Anggaran Rp 35 Miliar

Gresik (beritajatim.com) – Pembangunan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Gresik baru di Jalan Wahidin Sudirohusodo menelan anggaran sebesar Rp 35 miliar. Rencananya, pembangunan mapolres dilakukan pada pertengahan bulan Agustus 2019 usai penunjukkan lelang.

Mapolres baru Gresik menempati lahan seluas 11.146 m2 itu. Dibangun secara multi years, dan ditarget selesai pada tahun 2021. Tahap awal, setelah lelang dilakukan ada tiga gedung yang nantinya akan segera dibangun. Ketiga gedung yang dimaksud adalah gedung utama, gedung pos penjagaan, dan gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), serta pembangunan jalan masuk maupun keluar.

“Pembangunan gedung Mapolres Gresik yang baru memakan waktu dua tahun,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Gresik, Gunawan, Kamis (11/07/2019).

Gunawan menjelaskan, lahan yang ditempati Mapolres Gresik itu merupakan hibah dari Pemkab Gresik. Proses hibah sudah berjalan sambil menunggu pemenang lelang.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto terkait dengan pembangunan itu menuturkan, lahan yang ditempati Polres Gresik sebelumnya adalah lahan yang dipersiapkan buat kolam renang aquatic saat Indonesia mengajukan menjadi tuan rumah Asian Games pada 2014.

“Karena pada waktu itu, Indonesia kalah dalam bidding. Akhirnya lahan tersebut kami hibahkan ke Polres Gresik,” tuturnya.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S. Bintoro menyatakan pembangunan mapolres baru itu juga berkaitan dengan akan diajukannya Polres Gresik yang semula menjadi tipe C naik menjadi tipe B (Polrestabes) ke Mabes Polri. Termasuk diantaranya Polsek urban.

“Mudah-mudahan adanya mapolres yang baru ini. Pelayanan terhadap masyarakat lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar