Hukum & Kriminal

Pelaku Pencurian Mesin Pompa Babak Belur Dihajar Warga

Gresik (beritajatim.com) – Nasib sial dialami oleh dua pelaku pencurian spesialis mesin pompa milik PT Dayasa Aria Prima yang berlokasi di Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Kedua pelaku yang diamankan itu adalah M.Ihad (34) asal Desa Branang, Kecamatan Lekok dan Mahein (44) asal Mejayan, Kabupaten Pasuruan.

Sialnya, satu dari kedua pelaku itu, yakni Mahein terpaksa harus dirawat di Anwar Medika Balongbendo, Sidoarjo, karena mengalami cedera otak berat akibat babak belur dihajar warga saat melarikan diri.

Kronologis kasus pencurian ini berawal saat kedua petugas security PT Dayasa Aria Prima (DAP) melakukan patroli di sekitar pabrik. Sewaktu melintas di area gudang di bagian belakang. Petugas security setempat melihat ada dua motor yang terparkir. Kemudian, untuk memastikan keberadaan dua motor itu.

Petugas security PT DAP masuk melalui pintu belakang gudang. Saat dilihat kedua pelaku sedang memotong salah satu mesin. Selanjutnya, petugas security menghubungi para petugas security yang lain untuk membantu mengamankan pelaku. Namun, salah satu pelaku Mahein malah melarikan diri ke belakang gudang.

Security PT DAP dibantu aparat kepolisian Polsek Driyorejo yang datang ke lokasi setelah dihubungi juga melakukan pengejaran. Sekitar empat jam petugas melakukan penyisiran untuk mencari pelaku. Setelah dicari, pelaku Mahein kepergok warga saat bersembunyi. Sehingga, tanpa dikomando warga menghujam bertubi-tubi ke wajah dan kepala pelaku lalu tidak sadarkan diri. Pelaku akhirnya dilarikan ke RS Anwar Medika untuk mendapatkan perawatan medis.

“Memang benar pelaku Mahein masih dirawat di RS Anwar Medika karena mengalami cedera otal berat akibat diamuk warga setelah kepergok,” ujar Kapolsek Driyorejo AKP Wavrk Arifin, Minggu (15/09/2019).

Vawek menambahkan, pelaku lainnya M.Ihad sudah kami amankan setelah menjalani pemeriksaan. “Kami juga menyita sejumlah barang bukti saat kedua pelaku menjalankan aksinya. Barang bukti yang disita antara lain empat buah tang, dua buah obeng, dua buah kunci pas, dan dua buah kunci ring serta satu buah kunci tatah,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar