Hukum & Kriminal

Pelajar Masih Dominasi Pelanggar Lalu Lintas di Ponorogo

Salah seorang pelajar di Ponorogo kena tilang karena melanggar lalu lintas.(foto : Satlantas Polres Ponorogo)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pelajar mendominasi menjadi penyumbang pelanggar lalu lintas di Ponorogo pada bulan ini. Berdasarkan data Satlantas Polres Ponorogo, dari total 1.339 tilang yang diterbitkan, 376 tilang diantaranya diberikan kepada pelajar.

“Pelajar yang melanggar, mayoritas masih dibawah umur yang diijinkan mengendarai sepeda motor,” kata Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso, Sabtu (29/6/2019).

Pelanggaran yang dilakukan kebanyakan belum cukup umur sehingga tidak memiliki SIM, tidak membawa STNK, dan berkendara sambil bermain handphone. Bambang menyebut seluruh pelanggar langsung ditilang di tempat. “Dari keseluruhan yang paling tinggi pelanggarannya karena tidak memiliki SIM,” ungkapnya.

Bambang mengungkapkan selain memberi sangsi tilang. Satlantas Polres Ponorogo juga memberikan hukuman yang metode mendidik bagi pelajar. Seperti disuruh menyebutkan butir-butir Pancasila. Bambang mengaku sebenarnya pihaknya sudah melakukan preventif dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Namun, masih banyak saja pelajar yang melanggar. “Semoga dengan langkah tilang di tempat ini, mereka bisa sadar akan aturan berlalu lintas,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar