Hukum & Kriminal

Operasi Tes Urine, Satu Pengemudi Bus AKAP Positif Pakai Sabu

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo Didampingi Kasatreskoba AKP Hery Kusnanto (sebelah kanan) sedang Menanyai Pengemudi Bus AKAP yang Positif Mengkonsumsi Narkoba

Gresik (beritajatim.com) – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, petugas gabungan dari Polres Gresik, Dinas Perhubungan (Dishub), dan BNNK Gresik menggelar operasi tes urine di Terminal Bunder, Gresik.

Dalam tes urine tersebut, ada 15 pengemudi bus yang dites urine, dan satu pengemudi bus antar kota antar provinsi (AKAP) jurusan Surabaya-Semarang positif mengkonsumsi narkoba jenis sabu. Karena positif, pengemudi atas nama Sugih Prakoso (30), warga asal Desa Ringin, Kecamatan Pamotan, Rembang, langsung diamankan petugas.

Pengemudi PO Bus Indonesia L 7738 UP itu. Terpaksa tidak bisa melanjutkan perjalanan setelah positif pakai sabu. “Operasi tes urine dan kesehatan ini dalam rangka memberikan keamanan dan keselamatan penumpang. Khususnya bagi pengemudi bus yang sedang mengemudi,” ujar Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, Selasa (17/12/2019).

Lebih lanjut Kusworo Wibowo menuturkan, setelah terindikasi mengkonsumsi sabu. Pihaknya langsung menyerahkan kasus ini ke unit Satreskoba Polres Gresik guna ditindaklanjuti. “Kami ditindaklanjuti apakah yang bersangkutan sebagai pengedar atau hanya mengkonsumsi saja,” ujarnya.

Sementara itu, Sugih Prakoso mengatakan dirinya mengkonsumsi narkoba jenis sabu seminggu yang lalu. Hal itu dilakukan hanya untuk menjaga kebugaran saja agar tetap fit. “Cuma buat menjaga stamina saja agar tidak cepat lelah,” paparnya dihadapan Kapolres Gresik.

Usai terindikasi mengkonsumsi narkoba. Seluruh penumpang bus PO Indonesia akhirnya diturunkan. Mereka terpaksa menunggu bus pengganti karena sopirnya positif memakai narkoba. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar