Hukum & Kriminal

Operasi Keselamatan, Begini Cara Polres Tuban Cegah Kecelakaan

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai persiapan pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2019, Polres Tuban menggelar kegiatan Apel Pasukan dengan melibatkan ratusan personil gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI, Dishub dan juga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kabupaten Tuban, Senin (29/4/2019).

Dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2019 ini, Polres Tuban akan melakukan berbagai kegiatan razia dan juga edukasi kepada masyarakat. Diharapkan dengan pelaksanaan operasi ini bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di wilayah Kabupaten Tuban yang terbilang sangat tinggi.

Apel kesiapan pelaksanaan Operasi Keselamatan tersebut dipimpin oleh Waka Polres Tuban, Kompol Teguh Priyowasono dengan diikuti personil gabungan dari TNI, Dishub dan juga Satpol PP. Adapun personil yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan itu sebanyak 142 personil termasuk dengan personil Sub Denpom.

“Pelaksanaan Operasi Keselamatan 2019 ini akan berlangsung selama 14 hari. Yaitu mulai dari tanggal 29 April sampai dengan tanggal 12 Mei 2019,” terang Kompol Teguh Priyowasono, Waka Polres Tuban setelah kegiatan apel.

Adapun pelaksanaan kegiatan operasi nanti akan dilakukan di beberapa titik kerawanan terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan mengakibatkan korban jiwa. Pihak Sat Lantas Polres Tuban sendiri telah melakukan pemetaan lokasi yang selama ini menjadi jalur black spot, termasuk di jalur Pantura Tuban.

“Yang sering terlibat kecelakaan di wilayah Tuban ini termasuk usia produktif, seperti pelajar dan juga mahasiswa. Dengan kegiatan operasi Keselamatan Semeru 2019 ini diharapkan bisa menekan angka kecelakaan di Tuban,” tambahnya.

Sementara itu, selain memberikan edukasi terhadap para pengguna jalan dan masyarakat umum, Polisi juga akan melakukan tindakan tegas terhadap pelanggar lalu lintas. Terutama untuk pelanggaran yang rawan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, seperti melawan arus, pengemudi yang menggunakan Handphone serta pelanggaran lainnya.

“Termasuk pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara anak-anak dan juga pengendara yang terpengaruh dengan minuman keras atau akhohol. Kalau melakukan pelanggaran tersebut akan langsung di tilang,” pungkasnya.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar