Hukum & Kriminal

Modus Berlabel Vitamin B1, Tersangka Mengaku Dapat Ribuan Pil Double L dari Lapas Klas I Madiun

Barang bukti pil double L dalam kemasan dengan label vitamin B1. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Tersangka mengaku sebanyak 527 ribu pil double L yang diamankan anggota Polres Mojokerto tersebut diperoleh dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Madiun. Dalam peredarannya, tersangka menggunakan label vitamin B1.

Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyatno Mengatakan, para tersangka mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari Lapas Klas I Madiun. “Pengakuan tersangka, barang dari LP. Kita masih dalami karena tidak mungkin BB sebanyak itu dari LP. Termasuk label, masih didalami,” ungkapnya, Selasa (22/10/2019).

Masih kata Kapolres, saat dilakukan penggeledahan petugas menemukan ada logo pada label yang tertulis vitamin B1 tersebut. Pihaknya masih melakukan pendalaman apakah logo tersebut dikeluarkan dari lembaga resmi atau hanya modus para tersangka.

“Hasil keterangan sementara dan diamankan di Mojokerto, batang diedarkan di Mojokerto. Produsen belum dapat pengolahan, pengedar bukan pemakai. Double L rentan karena dengan harga ekonomis dan mudah didapat bisa menyasar pelajar,” katanya.

Salah satu tersangka, Arif Sapii (33) warga Desa Tawangsari, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto mengaku, barang haram tersebut diperoleh dari teman yang ada di Lapas Klas I Madiun. “Dititipi, diantar temannya pakai mobil pribadi. Dari Lapas Madiun,” ujarnya.

Tersangka mengaku baru menggeluti bisnis haram tersebut empat bulan dan ia mendapatkan keuntungan Rp500 ribu setiap kardus jika tersangka bisa menjual habis. Terkait label vitamin B1 yang tertera dalam kemasan pil double L, tersangka mengaku tidak tahu.

Tersangka Arif Sapii (33) diamankan di sebuah rumah di Desa Tawangsari, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto pada, Minggu (20/10/2019) sekira pukul 07.00 WIB dan tersangka lain yakni M Mustofa (23) warga Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Tersangka diamankan di pinggir jalan Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto pada, Minggu (20/10/2019) sekira pukul 17.00 WIB. Dari tersangka Arif diamankan 527 ribu butir pil double L, satu kardus isi 19 bungkus pengawet, empat bandel label obat vitamin B1 dan 21 bandel plastik.

Serta satu HP merk Samsung warna hitam. Sementara dari tangan tersangka M Mustofa diamankan satu paket sabu kemasan plastik klip yang diisolasi kertas dengan berat 9,26 gram yang dibungkus tisue dan dimasukkan ke dalam plastik klip dan dimasukkan lagi ke dalam sebuah kotak warna kuning.

Uang tunai Rp500 ribu dan satu HP merk Samsung warna hitam. Tersangka Arif dijerat Pasal 196 Jo Pasal 98 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan tersangka M Mustofa dijerat Pasal 114 ayat (2) atau Pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar