Hukum & Kriminal

Merajut Kebhinekaan, TNI-POLRI ‘Ngonthel’ Bareng 60 Ribu Orang

Surabaya (beritajatim.com) – Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Bambang Ismawan melakukan kegiatan ngonthel bareng bersama 60 ribu masyarakat Jawa Timur, Minggu (22/9/2019).

Uniknya, peserta ngonthel bareng ini mayoritas memakai baju adat dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Adapun start dari Bangkalan Madura dan finish di lapangan Makodam V Brawijaya.

Kapolda Jatim Irjenpol Luki Hermawan menyatakan kegiatan ini dalam rangka menjaga atau jogo Jawa Timur yang juga bertepatan dengan acara memperingati hari jadi Lalu Lintas Bhayangkara ke 64 tahun. “Kegiatan ini untuk mewujudkan Keamanan Ketertiban berlalulintas,” ujarnya, Minggu (22/9/2019).

Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Budi Indra Darmawan menyampaikan, acara ini merupakan acara gabungan Pemprov Jatim, TNI, Polri bersama Jogo Jawa Timur. “Start berangkat di Bangkalan, Madura untuk Finish berada di lapangan Makodam V Brawijaya. Setelah di Lapangan Kodam, baru disambut acara puncaknya hari jadi Lalu Lintas Bhayangkara,” ungkapnya.

Masih Budi Indra, di kodam juga dihadiri Masyarakat, terus penyerahan lomba Polisi Cilik (Pocil), Pemotongan Tumpeng, pemilihan duta Lalu Lintas dan acara lainnya. “Acara di Kodam peserta Onthel dari masyarakat sampai 14,000 mengenakan Tshirt warna merah putih (sesuai desain). Ada yang unik yakni ada peserta yang akan memakai baju adat 34 Provinsi dari Sabang sampai Merauke,” imbuh Kombes Pol Budi Indra.

Disampaikan juga Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, gowes Tiga Pilar ini juga untuk meningkatkan Nasionalisme dan semangat persatuan pada masyarakat Jawa Timur khususnya, menjaga stabilitas keamanan di wilayah Jawa Timur serta mengajak masyarakat Jawa Timur secara langsung aktiv berolahraga bersama.

“Dari keseluruhan 6000 peserta ini terdiri dari Masyarakat umum Pria Wanita, Anggota TNI POLRI, Pegawai Negeri Sipil, mahasiswa, pelajar dan komunitas pecinta sepeda,” tambahnya. [uci/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar