Hukum & Kriminal

Menghadang Narkoba Masuk Kampus

Jombang (beritajatim.com) – Peredaran narkoba di Jombang menyasar semua kalangan, tak terkecuali pelajar dan mahasiswa. Tak heran, kasus narkoba di Jombang bertengger pada peringkat lima besar di Jawa Timur.

Untuk menekan angka tersebut, upaya pencegahan terus dilakukan oleh Satuan Reserse dan Narkoba (Satreskoba) Polres Jombang. Salah satunya menyosialisasikan ke kampus-kampus tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Hari ini kita menemui dosen di kampus Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang guna menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba,” ujar Kasat Reskoba Polres Jombang AKP Mochamad Mukid, Selasa (13/8/2019).

Kedatangan tim Sat Reskoba Polres Jombang ini ditemui jajaran dosen di ruang FAI (Fakultas Agama Islam). Di forum tersebut, Mukid menjelaskan secara panjang lebar tentang bahaya narkoba. Juga menjelaskan tentang modus peredaran narkoba yang dari hari ke hari mengalami perubahan.

Mukid juga meminta agar para dosen mewaspadai mahasiswa yang berperilaku mencurigakan. Semisal, senang menyendiri dan mengalami penurunan gairah belajar. Karena perilaku tersebut patut diduga terkena pengaruh narkoba.

“Karena narkoba sudah menyasar ke semua kalangan. Mulai pelajar, mahasiswa, aparat negara, bahkan jajaran Polri sendiri. Modus peredarannya bermacam-macam,” kata pria asal Kabupaten Kediri ini.

Kasat Reskoba juga meminta ke civitas akademika Undar agar diberi waktu saat pelaksanaan ospek. Yakni, tim dari Sat Reskoba untuk memberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada mahasiswa baru atau maba.

Terakhir, Kasat Reskoba memberikan cinderamata berupa dua keping cakram VCD. Cakram tersebut berisi lagu-lagu tentang bahaya narkoba yang diciptakan dan dinyanyikan oleh AKP Mochamad Mukid. Dalam cakram tersebut juga ada lagu karya Mukid yang berisi tentang kekagumannya terhadap mantan Ibu negara, almarhumah Ani Yudhoyono.

“Sebelumnya, kami juga menyosialisasikan hal serupa di kampus Unwaha (Universitas Wahab Hasbullah) Tambakberas Jombang. Hari ini di Undar, kemudian besok kita ke kampus Unipdu Jombang,” pungkasnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar