Hukum & Kriminal

Mak Susi Diperiksa di Polda Jatim Terkait Ujaran Kebencian

Surabaya (beritajatim.com) – Tri Susanti atau Mak Susi Korlap Aksi Ormas Surabaya salah satu perwakilan masyarakat yang mendatangi Asrama Mahasiswa Papua (AMP) mendatangi Polda Jatim atas panggilan penyidik, Senin (26/8/2019).

Mak Susi mendatangi panggilan penyidik Kriminal Khususu Polda Jatim tak sendiri, dia didampingi kuasa hukumnya Sahid. Pada wartawan, Sahid menyatakan bahwa kliennya dipanggil atas dugaan ujaran kebencian.

“Kalau sesuai surat panggilan dipanggil sebagai saksi terkait Pasal 28 ayat 2 UU ITE terkait ujaran kebencian dan penyebaran berita bohong yang menimbulkan kegaduhan terhadap kelompok atau SARA,” ujar Sahid.

Sahid menambahkan bahwa dalam surat pemanggilan penyidik juga tidak disebut terkait kejadian atau Tempat Kejadian Perkara (TKP) dimana. Apakah terkait mahasiswa Papua? Sahid lagi-lagi menyebut tidak mengetahuinya. ” Nanti mungkin bisa ditanyakan ke penyidiknya,” ujarnya.

Sahid menyebut jika pemanggilan tersebut juga ditujukan untuk Susi pribadi bukan atas nama kelompok ataupun Ormas. Terkait bukti-bukti yang dibawa, Sahid menyatakan saat ini tidak mempersiapkan bukti apapun. Namun dalam proses pemeriksaan nanti akan dilihat hasilnya dan akan dipersiapkan buktinya.

Sementara Susi menyatakan bahwa dirinya merasa tidak melakukan ujaran kebencian baik melalui Whatsaap ataupun medsos lainnya. [uci/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar