Hukum & Kriminal

Kurir 30 Kilogram Sabu Divonis Penjara Seumur Hidup

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim yang diketuai Dede Suryaman menjatuhkan pidana penjara seumur hidup bagi terdakwa Herman Sudjiono alias Liang, kurir 30 Kilogram narkotika jenis sabu-sabu (SS), Selasa (10/9/2019).

“Mengadili, menghukum terdakwa Herman Sudjiono alias Liang dengan pidana penjara seumur hidup,” kata hakim Dede Suryaman.

Dalam amar putusannya, warga jalan Dian Indah Kelurahan Babakan, Kecamatan Ciparay, Bandung, ini dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Atas vonis ini,  Herman Sudjiono melalui penasehat hukumnya Victor A Sinaga langsung menyatakan banding. Sementara Kejari Surabaya melalui JPU Warti mengaku pikir-pikir.

Terpisah, Victor A Sinaga mengaku keberatan dengan vonis majelis hakim karena dinilai tidak sesuai dengan fakta yang terungkap dalam persidangan. “Terdakwa ini hanya orang suruhan dari Boby (DPO) dan tidak mengetahui kalau barang itu beratnya 30 Kilogram,” kata Victor A Sinaga usai persidangan.

Sementara terkait barang bukti, masih kata Victor, klienya tidak pernah membawa sabu yang dimaksud. “Dia bukan aktor, dia hanya dikasih uang Rp 10 juta dari yang dijanjikan Rp 75 juta. Dengan dasar itulah kami nyatakan banding. Dan saya minta agar Boby segera ditangkap,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Terdakwa Herman Sudjiono alias Liang ditangkap oleh Direktorat Narkoba Bareskrim Polri pada 31 Januari 2019 lalu, di Ruko Gunung Anyar Jaya Green City Kav 52 Surabaya. Saat ditangkap, petugas menemukan sabu seberat 30 Kilogram yang ditaruh Herman Sudjiono alias Liang di 22 kardus. [uci/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar