Hukum & Kriminal

KPU Sidoarjo Libatan Petugas Lapas Delta

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dalam Pileg 2019, KPU Kabuapaten Sidoarjo juga melibatkan petugas Lapas Klas IlA Delta Sidoarjo dalam proses pemungutan suara di lingkungan lembaga pemasyarakatan.

Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi saat berlangsungnya proses pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang.

Dikatakan Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Sidoarjo, Kristiono Adi Wibowo, pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Pemilu 2019. Mulai kesiapan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di lingkungan lapas.

“Petugas kita hanya membantu sebagai panitia pemungutan suara. Sedangkan mekanisme pelaksanaanya, tetap ada di KPU,” katanya Kamis (4/4/2019).

Kristiono menambahkan, pihaknya juga akan membantu penyelenggara negara dalam proses pengamanan pelaksanaan pemilu presiden nanti. Diharapkan proses pemilu berjalan lancar, aman dan damai.

Tetap ada dari pihak kepolisian untuk pengamanan, KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara negara, dan beberapa saksi juga tetap dilibatkan.

“Kami disini sifatnya hanya membantu agar prosesnya berjalan lancar. Di lingkungan Lapas Klas llA Delta Sidoarjo terdapat dua TPS,” rinci Kristiono.

Kasubsie Registrasi Lapas Sidoarjo, Rangga Kusumanegara menyebutkan, dari data yang diterima ada sekitar 500 warga binaan yang nantinya akan memberikan suara politiknya di TPS Lapas Delta Sidoarjo ini.

“Jumlah tersebut adalah setengah dari jumlah warga binaan yang berdomisili di Sidoarjo, yakni sebanyak 1.097 warga binaan. Jumlah tersebut sampai saat ini sudah masuk dalam Daftar Pemilih tetap (DPT),” jelasnya.

Diungkapkan Rangga, pihaknya juga tengah mengusulkan warga binaan yang tercatat sebagai warga diluar Kabupaten Sidoarjo kedalam daftar pemilh tambahan (DPTb).

“Kita terus melakukan koordinasi dengan Dispenduk Capil Kabuoaten Sidoarjo untuk warga binaan yang belum masuk ke dalam DPT,” pungkasnya. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar