Hukum & Kriminal

KPU Hanya Tempatkan Satu TPS di Rutan Banjarsari Cerme Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik hanya menempatkan satu tempat pemungutan suara atau TPS di rumah tahanan (Rutan) kelas II B Banjarsari Cerme, Gresik. Penempatan satu TPS itu karena jumlah pemilih di rutan tersebut tidak sampai 500 orang.

Semula Kepala Rutan kelas II B Banjarsari Cerme, Gresik Mahendra Sulaksana mengusulkan dua TPS. Namun, rekomendasi tersebut ditolak oleh KPU Gresik. Pasalnya, jika mengacu pada aturan KPU. Jumlah DPT kalau dua TPS ada 500 lebih pemilih. Tapi, di rutan tersebut hanya ada 460 orang pemilih yang masuk DPT.

“Kami kemarin mengajukan dua TPS di Lapas Kelas II B Gresik, namun ditolak oleh KPU Pusat,” kata Kepala Lapas II B, Banjarsari Cerme, Gresik Mahendra Sulaksana, Selasa (2/04/2019).

Ia menambahkan, permintaan rekomendasi itu dilakukan melalui KPU Gresik yang menilai layak apabila Lapas setempat ditempatkan dua TPS, sehingga mempermudah dan mempercepat dalam proses pemungutan suara.

“Total jumlah warga binaan kami mencapai 667 orang, dan yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 460 orang, dengan 60 persen merupakan warga Kabupaten Gresik,” tambahnya.

Menanggapi hal ini secara terpisah, Komisioner KPU Gresik Divisi Data dan Teknis, Abdullah Sidiq Notonegoro menuturkan, ditolaknya rekomendasi dua TPS di rutan setempat mengacu pada edaran KPU yang meminta untuk kembali pada aturan KPU lama.

“Dalam aturan itu, penentuan TPS mengacu pada pengelompokan jumlah DPT yang menyebutkan bahwa setiap TPS minimal diisi oleh 500 pemilih, dan di Lapas Gresik total pemilihnya hanya 460 orang,” tambahnya.

Kendati hanya satu TPS lanjut Mahendra, tidak akan mempengaruhi proses pencoblosan di Lapas, dan akan berjalan seperti pelaksanaan pesta demokrasi sebelumnya.

“Semula dua TPS yang kami ajukan itu akan memudahkan dan mempercepat proses pencoblosan. Namun, apabila hanya satu TPS ya tidak masalah, prosesnya akan seperti biasa,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data KPU Gresik total TPS di Gresik tercatat 3.654 tempat dan tersebar di 18 kecamatan, dengan jumlah pemilih mencapai 927.045 orang, rinciannya 465.833 pemilih laki-laki, dan 461.212 pemilih perempuan. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar