Hukum & Kriminal

Kondisi Rusak, Identitas Tengkorak Diduga Habis Dibakar di Mojokerto Belum Terungkap

Mojokerto (beritajatim.com) – Identitas tengkorak manusia yang diduga habis dibakar yang ditemukan seorang pencari rumput di Desa Kesemen, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto hingga kini belum terungkap. Ini lantaran kondisi tengkorak yang rusak.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Muhammad Solikhin Fery mengatakan, untuk mengungkap identitas korban dilakukan tes deoxyribonucleic acid (DNA). “Sebagai pembanding, tes DNA menggunakan sampel darah dari CH,” ungkapnya, Rabu (12/6/2019).

Pasalnya, laki-laki berusia 37 tahun yang merupakan warga Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo menduga tengkorak tersebut milik SR (55). SR merupakan ibu kandung CH yang dilaporkan hilang sejak, Rabu (1/5/2019) lalu.

Masih kata Kasat, tes DNA tengkorak diambil dari bagian gigi dan rahang. Namun hingga kini, hasil dari tes DNA belum diketahui karena membutuhkan waktu lama. Pasalnya, sebagian tengkorak telah rusak sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama.

“Tes DNA-nya agak susah karena memang kondisi sisanya (tengkorak dan tulang, red) banyak rusak. Bukan tidak bisa, tapi butuh waktu untuk memastikan identik atau tidak. Diduga korban perempuan karena ditemukanbekas kawat pengait BH saat olah TKP,” katanya.

Kasat menambahkan, jasad yang diduga SR tersebut diperkirakan dibakar sebanyak empat kali oleh pelaku sehingga sast ditemukan sudah dalam kondisi rusak. Pembakaran menggunakan bekas ban truk dan semak ilalang yang mudah dijumpai di lokasi pembakaran.

“Ada kemungkinan tulang-tulang korban banyak jadi abu karena pembakaran sampai empat kali. Kalau sudah kering kan susah untuk tes DNA. Sehingga sampai saat ini, hasil tes DNA belum diketahui,” jelasnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar