Hukum & Kriminal

Ketua DPD KAI Jawa Timur Imbau Agar Advokat Bersatu untuk Kepentingan Masyarakat

Surabaya (beritajatim.com) – Kongres Advokat Indonesia (KAI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Timur ke-11 baru saja dirayakan dengan meriah di Nganjuk Jawa Timur. Dalam usianya yang lebih dari sewindu ini banyak hal yang sudah dilakukan organisasi pengacara ini untuk kemaslahatan masyarakat.

Ketua DPD KAI Jawa Timur, Abdul Malik SH, MH mengingatkan kepada para Advokat untuk benar-benar profesional dalam menjalankan profesi mulia ini. Menurut Abdul Malik, Advokat harus bersatu dan tidak bertentangan satu dengan yang lainnya karena persoalan berbeda organisasi yang dinaunginya.

“Kalau kita beradu argumen di persidangan adalah hal yang biasa. Namun jangan sampai terbawa di luar dari persidangan, karena kita sebagai salah satu penegak hukum harus bisa bersama untuk membawa nama baik Advokat,” kata Abdul Malik.

Abdul Malik juga menyinggung soal persoalan hukum yang menimpa rakyat kecil dan tak terselesaikan. Untuk itu, KAI melalui lembaga bantuan hukumnya memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat kurang mampu.

Menurutnya, langkah ini membuktikan bahwa seluruh DPC KAI siap mendukung gerakan bantuan hukum cuma-cuma bagi masyarakat tidak mampu sebagaimana diamanatkan Kode Etik Advokat dan Undang-undang Advokat.

“Anggota KAI di seluruh Jawa Timur akan mendukung pemenuhan akses terhadap keadilan (access to justice) bagi masyarakat tidak mampu dan kiranya ini merupakan dharma bakti advokat KAI bagi masyarakat,” pungkas Abdul Malik. [uci/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar