Hukum & Kriminal

Kepepet, Penjaga Warung Jambret Emak-emak

foto/ilustrasi

Mojokerto (beritajatim.com) – Aksi penjambretan terhadap emak-emak terjadi di Jalan Raya Mojosari Pacet tepatnya di Dusun Janti, Desa Jantilangkung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Pelaku merupakan penjaga warung yang kepepet karena hutang.

Saat itu, pelaku Syukur Slamet (42) warga Dusun Ploso, Desa Bangun, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto melihat korban Sutatik (38) warga Dusun Jakung, Desa Jatilangkung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto berjalan kaki.

Dompet korban yang dipegang menimbulkan ketertarikan pelaku. Pelaku yang mengendarai sepeda motor dari arah utara ke selatan, melihat korban berjalan sambil memegang dompet. Pelaku kemudian putar balik dan merampas dompet milik korban.

Kapolsek Pungging, AKP Suwiji mengatakan, korban yang berjalan dari arah selatan ke utara untuk menjemput anaknya sekolah. “Sementara pelaku dari arah sebaliknya mengendari sepeda motor melihat korban membawa dompet, niat pun timbul,” ungkapnya, Selasa (2/4/2019).

Masih kata Kapolsek, usai mengambil dompet korban yang berisi uang tunai senilai Rp523 ribu, pelaku memasukkan dompet itu di dashboard sepeda motor nopol S 2391 RZ miliknya. Namun korban terjatuh sehingga bisa diamankan warga setelah mendengar teriakan korban.

“Pelaku terjatuh ke sebelah kiri karena di sebelah kanan ada truk. Ketika terjatuh, pelaku berhasil diamankan warga sekitar. Barang bukti dan pelaku sudah kami amankan, pelaku mengaku melakukan aksi penjambretan tersebut karena kepepet,” katanya.

Sementara itu, pelaku Syukur Slamet (42) mengaku, aksi tersebut dilakukan lantaran ia butuh uang untuk bayar hutang. “Saya kepepet buat bayar hutang di warung kopi yang saya jaga, saat saya liat korban bawa dompet niat itu muncul,” terangnya.

Selain mengamankan pelaku, petugas menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor milik pelaku, satu jaket, dompet dan uang senilai Rp523 ribu milik korban. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar