Hukum & Kriminal

Kepala Kantor Kemenag Gresik Turut Dibawa KPK

Gresik (beritajatim.com) – Operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan lembaga anti rasuah KPK terhadap Ketum PPP Romahurmuziy (Romi) tampaknya berimbas ke Kemenag Gresik. Pasalnya, selain membawa Romi, KPK juga membawa Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi.

Kepala Kantor Kemenag Gresik yang baru dilantik 11 Januari 2019 itu turut dibawa KPK bersama 7 orang lainnya saat terjadi OTT di Sidoarjo, Jawa Timur.

Ironisnya, selain membawa Muhammas Muafaq Wirahadi, KPK juga menangkap mantan Kepala Kantor Kemenag Gresik Haris Hasanuddin yang baru 10 hari menjadi pejabat di Kakanwil Kemenag Jatim.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Gresik, Moh.Nasim menuturkan memang benar pimpinannya itu baru dilantik sebulan lalu. Sebelumnya, juga pernah berdinas di Kantor Kemenag Gresik.

“Dilantiknya baru sebulan lebih tepatnya 11 Januari 2019. Pak Muafaq bukan orang baru karena sebelumnya juga pernah bertugas di Gresik,” tuturnya, Jumat (15/03/2019).

Hal senada juga dikatakan oleh Kasubag TU Kantor Kemenang Gresik Munir mengatakan tidak tahu pasti kabar kebenaranya apakah Muafaq atasanya yang dimaksud juga dibawa ke Jakarta. Hanya saja sebelum munculnya kabar tersebut, dia tidak melihat Muafaq berada di kantor.

“Terakhir ketemu hari Kamis, rapat bersama. Setelah itu tidak tahu, karena Jum’at pagi saya tidak melihat beliau ada di ruanganya,” tuturnya.

Munir juga mengaku, pertama kali mendegar informasi tersebut setelah Jumat melalui aplikasi grop whatsapp (WA) kantor. Saat itu semua orang riuh. Termasuk dirinya, terkait dengan nama Muafaq Kepala Kemenag Gresik yang ikut disebut dalam OTT KPK.

Karir Muhammad Muafaq Wirahadi di Kantor Kemenag Gresik sebenarnya tidak begitu lama. Pria kelahiran 24 September 1969 itu baru dilantik menjadi Kepala Kantor Kemenang Gresik pada 11 januari 2019. Sebelum menjabat sebagai Kepala, dia juga pernah menduduki Kasubag TU di Kakanwil Kemenag Jatim. Sebelumnya lagi, juga pernah menjabat sebagai Kasi Madrasah di Kantor Kemenag Gresik. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar