Hukum & Kriminal

Kenaikan Isa Al Masih, Kapolresta Kediri Pimpin Patroli Gereja

Kediri (beritajatim.com) – Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi memimpin patroli ke sejumlah gereja di Kota Kediri. Patroli gabungan dari Polresta Kediri dan Kodim 0809 Kediri ini untuk memantau keamanan gereja dalam peringatan Hari Kenaikan Isa Almasih

Kapolresta tidak ingin kecolongan dengan aksi teror yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat, utamanya umat kristiani dalam melaksanakan ibadha. Selain berkoodinasi dengan pengurus gereja, pihaknya juga memeriksa kesiapan petugas yang berjaga di tempat-tempat ibadah. Beberapa gereja yang disambangi antara lain, Gereja Vincentius, Gereja Kristen Jawi Wetan (GK JW) Kediri, dan Gereja Santo Yoseph.

“Dengan patroli seperti ini, kami berharap semua pihak bisa melaksanakan ibadah dengan aman, nyaman, dan khusyuk,” jelas Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi. Kegiatan pemantauan geraja sudah dimulai sejak hari Rabu (29/5/2019) sore, dan akan dilanjutkan sampai hari Jumat (31/5/2019). Ini lantaran, kegiatan di geraja dilakukan dalam beberapa sesi, bahkan ada yang melaksanakan doa pada hari Jumat (31/5/2019) pukul 00.00 WIB.

Selama melakukan pantuan, situasi relatif kondusif fan tidak ada kegiatan yang mencurigakan dari pihak manapun. Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan kepada jemaat yang hadir di gereja. Untuk meningkatkan keamanan, di setiap geraja juga disiagakan sekitar 30 petugas gabungan, mulai dari Polri, TNI, dan jajaran samping lainnya.

Kapolresta menambahkan, khusus untuk Gereja Puhsarang di Kecamatan Semen, karena wilayah cukup luas, maka ada penebalan pengamanan dengan menambahan jumlah petugas. Beberapa petugas juga patroli di sekitar geraja, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak inginkan. Tidak hanya itu, jumlah jemaat maupun warga yang hadir di gereja diprediksi meningkat, karena momen seperti ini dapat menarik perhatian.

“Untuk para jemaat kami imbau supaya menuruti SOP aparat keamanan. Seperti pemeriksaan menggunakan metal detector saat masuk gereja. Hal tersebut, kami lakukan untuk menjaga keamanan semuanya,” imbuh Kapolresta.

Sementara itu, Pendeta GK JW Kediri, Kurniawan berterima kasih kepada aparat keamanan yang sudah melakukan patroli dan penjagaan. Pasalnya, dengan kegiatan seperti ini, dapat menciptakan suasana yang aman sehingga jemaat yang hadir merasa nyaman selama melakukan rangkaian ibadah.

Untuk diketahui, di Kota Kediri saat ini ada 67 gereja dengan jemaat mencapai ribuan orang. Kepolisian dan TNI menerjunkan anggotanya untuk melakukan pengamanan bersama kekuatan keamanan dari gereja. [nng/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar