Hukum & Kriminal

Kemarau Panjang, Polisi Gresik Dropping Air ke Desa yang Terdampak

Gresik (beritajatim.com)- Imbas kemarau panjang menyebabkan sejumlah desa di Kabupaten Gresik mengalami krisis air bersih. Salah satu desa yang terdampak adalah Desa Klampok, Kecamatan Benjeng, Gresik.

Guna mengurangi beban warga desa setempat. Aparat Kepolisian Resort (Polres) Gresik melakukan dropping air besih. Sebanyak 10 tangki dikerahkan untuk membantu warga Desa Klampok.

Keberadaan air bersih tersebut, sangat dinanti oleh warga. Pasalnya, sebelum mendapat bantuan air bersih. Warga terpaksa mengandalkan air dari telaga yang keruh.

Muslimin (50) salah satu warga Desa Klampok, Kecamatan Benjeng, Gresik, menuturkan, krisis air bersih setiap tahun terjadi. Bahkan, saat memasuki musim kemarau panjang. Dirinya, terpaksa setiap hari mengambil air hujan di telaga untuk kebutuhan masak, mandi dan mencuci. “Mau gimana lagi lha wong cari air susah,” ungkapnya.

Imbas kemarau panjang juga membuat para petani di desa tersebut tidak mempunyai pendapatan. Sebab, lahan pertaniannya kering dibiarkan begitu saja karena tidak ada pasokan air. “Menunggu musim hujan lalu digarap lagi,” imbuh Sulaiman salah satu petani.

Terkait dengan dropping air bersih ini. Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro menjelaskan, bantuan air bersih sengaja diberikan kepada desa yang membutuhkan. Hal ini untuk meringankan beban mereka yang tengah dilanda krisis air bersih hampir selama tiga pekan. Ada 10 tangki air yang didistribusikan ke tiga dusun di Desa Klampok. Diantaranya, Dusun Karang Ploso, Kalipang, dan Klampok.

“Kami bersama polwan dan Polsek memberikan bantuan air bersih. Baru tiya dusun yang kami suplai. Dusun selanjutnya akan kami kirim besok melengkapi dusun yang lain,” katanya.

Alumnus Akpol 1998 itu menyatakan, bantuan ini sejalan dengan program Polres Gresik. Yakni polisi peduli. Pihaknya berharap, bantuan air bersih bisa bermanfaat dan meringankan beban warga. “Kami sudah survei beberapa titik. Selanjutnya, akan kami kirim bantuan ke desa yang mengalami krisis air bersih,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar