Hukum & Kriminal

Kejaksaan Jombang Bakar Ganja Hingga Sabu

Jombang (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang memusnahkan barang bukti narkoba dari berbagai jenis, Jumat (19/7/2019). Barang bukti yang dimusnahkan di depan kantor Kejari tersebut merupakan sitaan dari sejumlah kasus yang perkaranya sudah diputus oleh pengadilan.

Barang bukti narkoba itu adalah hasil penindakan selama enam bulan terakhir. Ganja dan sabu-berikut perangkatnya dimusnahkan dengan cara dibakar. Sedangkan ekstasi dan pil koplo dimusnahkan dengan cara direndam dalam air.

Pemusnahan ini disaksikan unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pompinan Daerah) dan Sat Reskoba Polres Jombang. “Seluruh narkoba yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti dari kasus yang sudah diputus oleh pengadilan,” ujar Kepala Kejari Jombang syafiruddin.

Syafiruddin merinci, barang bukti yang dimusnahkan meliputi 77.650 butir pil koplo, kemudian 490,4 gram sabu, pil ekstasi 100 butir, lalu ganja kering 400,16 gram, serta tiga kardus peralatan hisap sabu. Barang bukti tersebut berasal dari 62 kasus dan 108 terpidana.

“Seluruh pemilik barang haram tersebut sudah divonis oleh PN (Pengadilan Negeri) Jombang. Kasus tersebut terhitung mulai enam bulan terakhit ini. Seluruhnya sudah memiliki hukum tetap,” ungkap Syafiruddin. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar