Hukum & Kriminal

Kasi Humas Polsek se-Kabupaten Jombang Dibekali Ilmu Jurnalistik

Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiono saat memberikan sambutan pelatihan jurnalistik

Jombang (beritajatim.com) – Jajaran Kasi Humas Polsek di Kabupaten Jombang mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar di Polres setempat, Senin (11/11/2019). Pelatihan tersebut untuk meningkatkan skill masing-masing personel humas dalam bidang penulisan.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah salah satu wartawan di Jombang, Yusuf Wibisono. Dalam kesempatan tersebut Yusuf memaparkan secara panjang lebar tentang teknik menulis berita. Mulai mengumpulkan data, melakukan pengamatan, hingga menyusun menjadi sebuah berita. Jurnalis beritajatim.com ini juga memaparkan teknik-teknik membuat judul yang bisa memikat hati pembaca.

Para peserta cukup antusias. Hal itu terlihat adanya sejumlah pertanyaan dari anggota Polres Jombang terkait materi itu. Usai pemaparan materi, Yusuf memberikan simulasi kepada para peserta. Video kegiatan Polres Jombang ditayangkan di forum tersebut. Selanjutnya, sebanyak 21 peserta itu diminta menuliskannya menjadi berita.

Hasilnya cukup memuaskan. Para Kasi Humas sanggup menuliskan laporan layaknya seorang wartawan. Mereka sudah bisa membuat judul, menyusun lead atau teras berita, hingga menyusun menjadi berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. “Dari tugas tersebut kita bisa mengetahui bahwa rata-rata sudah bisa menuliskan peristiwa menjadi berita,” kata Yusuf.

Selain menyampaikan materi tentang jurnalistik, Yusuf juga memaparkan tentang perkembangan pers dewasa ini. Menurut Yusuf, seiring perkembangan teknologi, menulis dan membuat laporan peristiwa buka lagi monopoli wartawan. Namun semua orang bisa melakukan. Apalagi, ditunjang dengan suburnya perkembangan media sosial.

“Orang ingin menjadi presenter, cukup membuat akun di youtube, orang ingin membuat tulisan panjang bisa melalui blog, orang ingin berkomentar bisa dilakukan di facebook. Itu karena adanya perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat,” ungkapnya.

Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiono yang hadir dalam acara tersebut berharap seluruh peserta benar-benar memperhatikan materi-materi yang disampaikan. Sehingga setelah pelatihan bisa membuat berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Dia juga berharap, Kasi Humas di masing-masing Polsek jajaran itulah nantinya yang menjadi ujung tombak dalam menyampaikan informasi seputar kegiatan di wilayahnya. “Setiap hari banyak sekali kegiatan yang dilakukan. Nah, kegiatan-kegiatan itulah yang harus didokumentasikan dan ditulis sebagai berita. Inilah tugas Kasi Humas, karena sudah mendapatkan pelatihan penulisan berita,” ujarnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar