Hukum & Kriminal

Kapolres Lumajang Pantau Kades yang Tak Peduli Keamanan Wilayah

Kapolres Lumajang saat turba ke masyarakat Kecamatan Randuagung

Lumajang (beritajatim.com) – Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban masih saja mendapat laporan atau menemukan di lapangan kurang pedulinya Kepala Desa terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Akibatnya, desa tidak aman dari gangguan pelaku kejahatan.

“Bagi Kepala Desa yang tidak peduli terhadap Kamtibmas, warga bisa lapor ke saya melalui HP dan Grup Facebook Sahabat MAS,” kata Arsal saat menghadiri syukuran terpilihnya Siti Rombal menjadi Anggota DPRD Lumajang di Kecamatan Randuagung, Senin (9/9/2019).

Menurut dia, tidak amannya desa dari aksi kejahatan disebabkan oleh pimpinan pemerintah desanya tidak peduli. Sehingga menganggu kenyamanan aktivitas warganya.

“Ini juga patut diduga, ada faktor Kades yang tidak ingin desanya aman,” paparnya.

Kapolres mengancam Kades yang tidak peduli dengan keamanan desanya dengan melakukan penyelidikan terhadap penggunaan anggaran desa. Pasalnya, tidak menggunakan sebagian anggaran desa sebanyak 1 Milyar untuk kepentingan keamanan.

“Saya sudah berdiskusi dengan Bupati untuk membuat surat edarana, dana desa untuk membentuk satgas keamanan, beli HT untuk komunikasi,” paparnya.

Polres Lumajang juga terus memantau Desa yang terbentuk Satgas Keamanan dan meakukan pembinaan. Dari laporan Bhabinkantibmas, Desa membentuk Satgas Keamanan rata-rata aman dari tindakan 3 kriminalitas yakni Curas, Curat dan Curanmor. [har/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar