Hukum & Kriminal

Jualan Pil Koplo di Rumah, Didik Ditangkap Polisi

Lumajang (beritajatim.com) – Satreskoba Polres Lumajang berhasil menangkap pengedar pil koplo, Didik Cahyono (28) warga Dusun Krajan I Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkug dirumahnya, Kamis (18/7/2019). Dari tagan tersangka ditemukan ratusan butir pil koplo dengan merk berlogo Y dan DMP.

Ditangkapnya tersangka oleh petugas, setelah ada laporan dari warga mengenai peredaran pil koplo dibeli oleh pelajar dan anak muda. Setelah ditelusuri, tersangka Didik sering melayani pembelian dirumahnya.

“Pelaku memang menjual pil koplo tanpa memiliki keahlian dan kewenangan dibidang farmasi,” kata Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban pada wartawan di Mapolres.

Masih kata dia, tersangka menjual pil koplo untuk dikonsumsi para pembelinya sebagai penganti minuman keras. Selain membahayakan pembeli dan pengguna, menjual belikan pil tanpa resep dokter adalah sebuah tindakan merugikan masyarakat.

“Pil kok dibuat teler, bisa merusak syaraf dan organ pengguna,” paparnya.

Barang bukti yang ditemukan yakni 228 butir pil warna putih logo ‘Y’,
118 butir pil warna kuning logo ‘DMP’ dan Uang hasil penjualan pil tersebut sebesar Rp. 100.000.

Pelaku melanggar pasal 197 sub. 196 UURI No. 36 th 2009 tentang kesehatan. Dia terancam kurungan penjara paling lama 10 tahun dan denda maksimal 1 milyar. (har)

Apa Reaksi Anda?

Komentar