Hukum & Kriminal

Jelang Pemilu, Tahanan Polres Malang Jalani Rekam e-KTP

Malang (beritajatim.com) – Jelang pesta demokrasi pada tanggal 17 April 2019 mendatang, rekap kependudukan bagi para tahanan yang ada di Mapolres Malang dilaksanakan, Selasa (9/4/2019) siang.

Dari 100 tahanan Polres Malang, 61 diantaranya mendapat layanan perekaman dan pencetakan e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dispendukcapil) Kabupaten Malang.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dispenduk Kabupaten Malang, Shirath Aziez menyampaikan, bahwa dari 61 tahanan yang mereka proses, 9 orang diantaranya melakukan perekaman baru, sementara sisanya telah melakukan perekaman.

“Yang sudah melakukan perekaman tapi belum mencetak langsung kami cetakkan e KTP hari ini, dan yang belum merekam kami tuntaskan hari ini juga,” kata Shirath.

Sirath menjelaskan, tidak ada kendala yang dihadapi oleh dispendukcapil dalam proses perekaman e-KTP di lapas tahanan tersebut. “Hanya saja ada beberapa diantaranya yang belum memiliki NIK (nomor induk kependudukan),” terang Shirath.

Selain di Mapolres Malang, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan melakukan pencatatan identitas di RSJ dr Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Sementara itu Kasat Tahanan dan Barang Bukti (tahti) Polres Malang, Iptu Basuki menegaskan, bahwa perekaman e KTP tersebut merupakan permintaan dari KPU Kabupaten Malang guna mengeluarkan surat keterangan pindah pilih.

“Dari TPS asal menjadi TPS khusus di Polres Malang,” kata Basuki disela proses perekaman.

Rekam data kependudukan tersebut, dilakukan untuk tahanan yang belum habis masa penahanannya atau relas pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Untuk teknis pelaksanaan, lanjut Basuki, pihaknya meminta KPU Kabupaten Malang dan Bawaslu untuk menghadirkan TPS sementara diruang tahanan. “Pukul 11.00 petugas dari TPS terdekat akan datang, tentunya dengan pengamanan khusus dari sabhara,” pungkas Basuki. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar