Hukum & Kriminal

Jambret Jalanan Gresik Diringkus Polisi

Gresik (beritajatim.com) – Muhammad Adi Cahyo Widodo (20) tidak berkutik saat diringkus polisi. Warga asal Desa Mojopurogede, Kecamatan Bungah, Gresik itu terbukti melakukan penjambretan di jalan raya selama 17 kali di tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda-beda.

Petualangan Adi, nama panggilan sehari-hari, berakhir saat menjambret Ianatus Shofiyah (20) warga asal Desa Serah, Kecamatan Panceng, Gresik.

Kasus penjambretan tersebut bermula saat Shofiyah pulang dari Dukun dengan mengendarai motor Honda Scoopy. Saat memasuki Jalan Raya Bungah, korban dibuntuti tersangka bersama rekan tersangka Andika. Tanpa banyak omong, tersangka kemudian merampas, atau menjabret dompet korban yang disimpan di dashboard motor yang dikendarainya.

Tidak hanya itu, uang korban sebesar Rp 500 ribu serta ponsel juga dijambret tersangka.Merasa dijambret, korban selanjutnya berteriak meminta tolong. Namun, tersangka berhasil kabur membawa barang milik korban.

Korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Bungah. Berdasarkan laporan itu, polisi melakukan penyelidikan dan, diketahui tersangka merupakan masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO), berada Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Kecamatan Ngantang, Batu. Polisi kemudian melaksanakan penangkapan terhadap tersangka Widodo.

Dari hasil keterangan dari tersangka Widodo. Selanjutnya, polisi mengembangkan kasus ini dan mengarah pada tersangka lainnya Andika yang telah melakukan 17 kali penjambretan di 17 TKP yang berbeda.

“Tersangka termasuk spesialis jambret jalanan,” ujar Kapolsek Bungah AKP Achmad Said, Kamis (24/01/2019).

Selain mengamankan tersangka polisi juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya, satu buah ponsel dan satu buah motor Honda Scoopy.

Sementara salah satu tersangka Muhammad Adi Cahyo Widodo mengaku dirinya melakukan tindak kejahatan ini diajak oleh rekannya Andika.

“Saya cuma diajak sama Andika melakukan penjambretan. Khususnya perempuan yang mengendarai motor sendirian,” pungkasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar