Hukum & Kriminal

Jaga Kamtibmas, Petugas Gabungan Gelar Razia di Terminal Bungurasih

Sidoarjo (beritajatim.com) – Untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, tetap aman dan kondusif menjelang pengumuman Hasil Pemilu 2019 dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri, petugas gabungan TNl, Polri dan Dishub melakukan razia di Terminal Purabaya Bungurasih, Waru, Sabtu (18/5/2019).

Razia gabungan tersebut dipimpin oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho dan Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol Ketut Wijatmika. Razia dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap penumpang bus dan barang bawaannya.

Bus yang menjadi fokus pemeriksaan adalah bus jurusan Jakarta untuk mengantisipasi pelaku-pelaku kriminal dan pelaku teror yang akan memanfaatkan momentum pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI 22 Mei 2019 mendatang.

“Pemeriksaan penumpang bus yang keluar dan masuk di Terminal Purabaya, Bungurasih, untuk cipta kondisi menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019, pengamanan bulan ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho.

Zain melanjutkan, upaya ini juga sebagai langkah antisipasi terhadap gangguan teroris, yang berupa mengganggu kamtibmas menjelang dan saat pengumuman resmi KPU RI.

“Saya menghimbau masyarakat Sidoarjo untuk tidak berangkat ke Jakarta menyikapi maraknya ajakan aksi 22 Mei 2019. Karena aksi itu bisa berpotensi ditumpangi pelaku teror yang akan mengganggu kamtibmas,” tambahnya.

Patroli dan razia gabungan juga dilakukan di beberapa titik, seperti stasiun kereta api. Polresta Sidoarjo juga menyiagakan personel gabungan 24 jam di posko pemeriksaan penumpang di terminal dan stasiun kereta api. “Dari razia, hasilnya belum ada rombongan massa yang akan berangkat ke Jakarta. Jika ada hanya kepentingan pribadi yang ketepatan menuju ke Jakarta,” sebut Zain. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar