Hukum & Kriminal

Inilah Mobil Penghalau Massa yang Disiapkan saat Pelantikan Jokowi – Ma’ruf

Kendaraan taktis penghalau massa dipersiapkan Pokrestabes untuk aksi saat pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Ribuan petugas baik dari TNI dan Polri di Surabaya disiapkan khusus untuk persiapan pelantikan Presiden Jowo Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Bahkan guna mempersiapkan para pasukan, sudah digelar kesiapan pasukan yang dipimpin oleh Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (18/10/19).

“Pasukan sudah siap dan personel gabungan TNI – Polri akan disiagakan di sejumlah titik seperti Grahadi, Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur, dan Kantor Gubernur Provinsi Jawa Timur,” jelas Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto.

Tak hanya pasukan saja yang disiapkan, Kepolisian Republik Indonesia juga sudah mempersiapkan kendaraan penghalau massa yang sangat efektif. Kendaraan ini menjadi pagar betis supaya massa tak bisa memaksa masuk ke gedung tempat terjadinya aksi demo.

Kendaraan takstis ini terbuat dari baja dengan kekuatan berat pagar mencapai 4 ton lebih dan bisa membawa pasukan dengan beban kurang lebih 2 ton.

Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya Kompol Oki Ahadian Purwono mengatakan, kendaraan tersebut hanya ada 5 unit di Indonesia. Sedangkan untuk fungsinya, kendaraan berbobot 6 ton itu khusus akan diturunkan untuk menghalau unjuk rasa dengan skala massa yang besar jika terjadi kericuhan.

“Kendaraan ini akan kami turunkan dalam unjuk rasa skala besar. Kalau jumlah pendemo sudah mencapai ribuan, baru kami akan standby-kan kendaraan ini di titik kumpul para pendemo,” kata Oki kepada wartawan. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar