Hukum & Kriminal

Ibu Ini Tertipu Lelaki Ganteng dan Kehilangan Motor Serta Uang Tunai.

Awanda Virera Pelaku oenipuan saat diperiksa di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (23/10/2019).(istinewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Hj Dewi Azizah (40) tak menyangka orang yang menghubunginya mengaku sales ini menggasak kendaraanya di Gunung Anyar, Surabaya.

Hj Dewi menjelaskan, dirinya mengaku mengenal pelaku yakni Awanda Virera Kusumandaru (27) menawarkan kredit motor harga miring.

Hanya saja, bukan dapat motor murah, Hajah Dewi justru kehilanga motornya. “Kenal saja sebagai broker dan dia (pelaku) bilang bisa memberikan motor murah,” terang Kanit Reskrim Polsek Rungkut, Iptu Joko saat dihubungi beritajatim.com, Rabu (23/10/2019).

Iptu Joko juga menjelaskan, dalan laporan 13 Oktober 2019 lalu, petugas langsung mencari pelaku dan pelaku berhasil ditangkap. Keberhasilan penangkapan pelaku ini dikarenakan korban kooperaktif menjelaskan kronologis dan barang bukti yang diperlukan petugas.

Sehingga, tak membutuhkan waktu lama, pelaku langsung diamankan dan pelaku mengakui perbuatannya. “Korban dan pelaku kenal sekitar delapan bulan sebagai broker sepeda motor. Saat janjian bersama pelaku, korban dari Pabean dibawa ke Rungkut. Hingga akhirnya korban ditinggal dan motor dibawa pergi pelaku,” tandasnya.

Usai mendapatkan motor pelaku, kemudian pelaku menjual sepeda motor tersebut ke penadah. Kepada petugas sepeda motor korban dijual denga harga Rp 7 juta. “Harga jual motor tinggi karena ada STNK asli yang juga dibawa pelaku. Selain bawa STNK, uang tunai Rp 700 ribu dan dua ponsel korban juga dibawa pergi pelaku karena di taruh korban di dalam jok motornya,” lanjut Iptu Joko.

Kini pelaku pun dikenai sanksi UU KUHAP pasal 378 atau 372 tentang penipuan atau penggelapan.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar