Hukum & Kriminal

Hari Kemerdekaan, 204 Napi Lapas Kelas 2B Ponorogo Dapat Remisi

Foto: Kegiatan warga binaan lapas kelas 2 B Ponorogo. (Foto: Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dalam moment peringatan HUT RI ke-74 ini, lembaga permasyarakatan (lapas) kelas II B Ponorogo mengusulkan remisi untuk ratusan warga binaannya. Dari total 347, ada 204 warga binaan yang diusulkan untuk mendapatkan remisi.

”Dari 204 warga binaan yang kami usulkan, alhamdulilah disetujui semua,” kata Kepala Subsie Pelayanan Tahanan Toufiqul Hidayatullah, Jumat (16/8/2019).

Taufiq merinci besaran remisi sebanyak lima bulan untuk dua orang. Remisi empat bulan untuk delapan orang, 24 orang mendapat remisi sebesar tiga bulan. Remisi dua bulan dan satu bulan masing-masing untuk 69 dan 98 orang. Jadi kata Taufiq, remisi umum biasa untuk 193 orang dan remisi umum langsung bebas ada 11 orang.

”Warga Binaan yang mendapat remisi umum langsung bebas ini umumnya dalam kasus kriminal,” katanya.

Taufiq menyebut pihaknya juga mengusulkan untuk napi tindak pidana khusus. Kenapa tindak pidana khusus? Taufiq menjelaskan itu berlaku bagi mereka yang mempunyai syarat khusus. Contohnya napi yang menjadi justice ollaborator, artinya mempunyai surat keterangan bekerjasama dengan penegak hukum. Dan apabila mereka mendapatkan surat itu dari kejaksaan maupun pengadilan, mereka mendapatkan diusulkan untuk dapat remisi.

”Remisi tindak pidana khusus ini ada lima bulan untuk dua orang dan empat bulan untuk satu orang,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar