Hukum & Kriminal

Hari ini 3 Anggota DPRD Surabaya Rencana Jalani Pemeriksaan Dalam Kasus Jasmas

Tiga Anggota DPRD Surabaya hari ini dipanggil sebagai tersangka oleh penyidik pidana khusus Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Tiga anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024 yakni Ratih Retnowati asal Partai Demokrat, Dini Rinjati periode 2014-2019 asal Partai Demokrat dan Syaiful Aidy, Anggota DPRD Surabaya asal PAN periode 2014-2019 akan rencana akan menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam dugaan korupsi dana Jasmas.

” Hari ini adalah pemanggilan pertama pada ketiga tersangka. Dan Kejaksaan masih optimis mereka akan datang memenuhi panggilan kami,”kata Muhammad Fadil, Senin (26/8).

Untuk diketahui, Surat pemanggilan ketiga tersangka telah dilayangkan pada Rabu (21/8/2019) lalu.

Ratih Retnowati, Dini Rinjati dan Syaiful Aidy ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi jasmas pada Senin (19/8/2019) lalu.

Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan alat bukti dan saksi saksi dari perkara Agus Setiawan, selaku pelaksana dan kordinator proyek jasmas yang telah di vonis 6 tahun penjara oleh Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya.

Penyimpangan dana hibah yang dikucurkan dari APBD Pemkot Surabaya tahun 2016 tersebut bermodus pengadaan. Ada beberapa pengadaan yang dikucurkan oleh Pemkot Surabaya, diantaranya untuk pengadaan terop, kursi chrom, kursi plastik, meja, gerobak sampah, tempat sampah dan sound system.

Sebelumnya, Penyidik juga telah menetapkan tiga anggota DPRD lainnya yang saat ini tidak terpilih. Mereka adalah Sugito asal Partai Hanura, Darmawan asal Partai Gerindra dan Binti Rochma asal Partai Golkar.

Setelah ditetapkan tersangka, Penyidik langsung melakukan penahanan. Ketiganya ditahan di Rutan Kelas I Surabaya Cabang Kejati Jatim dengan alasan untuk mempermudah proses penyidikan dan tidak mempengaruhi para saksi pada kasus korupsi Jasmas tersebut. [uci/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar