Hukum & Kriminal

Hakim Bacakan Vonis, Gus Nur Menyimak Serius

Surabaya (beritajatim.com) – Sugi Nur Raharja alias Gus Nur menyimak serius saat majelis hakim yang diketuai Slamet Riyadi mulai membacakan amar putusan atas perkara ujaran kebencian terhadap Generasu Muda Nahdhatul Ulama (NU) melalui video vlog yang diunggah melalui Chanel YouTube Munjiat.

Dalam amar putusan hakim disebutkan, untuk sementara Gus Nur dianggap memenuhi unsur pertama yakni barang siapa. Yang mana barang siapa yang dimaksud dalam kasus ini adalah Gus Nur sendiri sesuai identitas yang dimiliki terdakwa.

Saat ini majelis hakim membacakan unsur kedua dalam pasal yang dijeratkan dalam dakwaan dan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sidang pembacaan vonis tersebut mendapat pengamanan ketat dari TNI dan Polri yang berjumlah 1140 personil.

Untuk diketahui, Kasus ini bermula saat Gus Nur membuat video vlog yang diunggah melalui Chanel YouTube Munjiat yang sebagian isinya dianggap telah mencemarkan nama baik Generasi Muda Nahdlatul ulama (NU).

Dalam kasus ini, Gus Nur dilaporkan oleh Maruf Syah setelah melihat video vlog tersebut beredar di grup WhatsApp PWNU Jatim dengan judul ‘Generasi Muda NU Penjilat’.

Gus Nur mengaku kasus yang dihadapinya ini bermula atas tanggapannya terkait status yang dibuat oleh akun Generasi Muda NU yang menyebut dirinya salah satu sebagai ustadz radikal dan Wahabi dari 20 ustad lainya seperti Abdul Somad, Ade Hidayat, Teuku Zulkarnaen. [uci/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar