Hukum & Kriminal

E-Tilang Belum Siap Diberlakukan di Jember

Kasatlantas Jember AKP Edwin Nathanael

Jember (beritajatim.com) – Kepolisian Resor dan Forum Lalu Lintas di Kabupaten Jember, Jawa Timur, masih mendata peralatan yang sudah siap untuk melaksanakan tilang secara elektronik (E-tilang). Tidak ada kepastian kapan E-tilang akan diberlakukan di Jember.

“Nanti kami akan melakukan rapat kembali untuk menentukan teknis dan persyaratan administrasi pelaksanaan E-tilang. Targetnya tahun ini,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Edwin Nathanael, Jumat (11/1/2019).

Sejumlah peralatan yang akan dipasang adalah CCTV dan sensor yang dimiliki Dinas Perhubungan Jember. “Kami berintegrasi, antara Dishub dan kepolisian. Kantornya juga kami akan integrasikan. Melalui layar monitor, kami tentukan pelanggaran yang ada,” kata Edwin.

Rekaman di CCTV akan jadi bukti pelanggaran. Soal pemberitahuan terhadap pelanggar lalu lintas, menurut Edwin, masih belum dibahas secara teknis. “E-tilang ini memudahkan. Tak harus bertemu polisi,” katanya. Penentuan kawasan E-tilang masih akan dibahas bersama Dishub. Nantinya itu akan diumumkan melalui media massa. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar