Hukum & Kriminal

E-Tilang Belum Diberlakukan di Jember Segera

Kasatlantas Jember AKP Edwin Nathanael

Jember (beritajatim.com) – Program tilang elektronik (E-tilang) belum akan diberlakukan dalam waktu dekat di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Jember dan Dinas Perhubungan setempat masih harus melakukan koordinasi teknis, terutama terkait perangkat.

“Kami dari Forum Lalu Lintas masih sebatas mendata peralatan mana yang sudah siap. Kemudian kami akan melaksanakan rapat kembali untuk menentukan teknis, termasuk persyaratan administrasi dalam pelaksanaan E-tilang nanti,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Edwin Nathanael, Jumat (11/1/2019).

Peralatan yang akan dipasang yakni kamera CCTV dan sensor dimiliki Dishub. “Kami akan berintegrasi, antara Dishub dan kepolisian. Kantornya juga kami usahakan terintegrasi. Nantinya melalui layar monitor, kami melakukan pelanggaran lalu lintas. Rencananya rekaman CCTV menjadi bukti pelanggaran,” kata Edwin.

E-tilang ini, menurut Edwin, akan memudahkan semua pihak, terutama polisi yang menghadapi keterbatasan jumlah sumber daya manusia. “Jadi tidak harus bertemu dengan polisi. Saat ada pelanggaran, di situ langsung dilakukan penindakan. Nanti akan dibuat daerah penindakan elektronik,” katanya. Lokasi daerah penindakan ini masih harus dikoordinasikan dengan Dishub, karena CCTV tak hanya di kawasan kota, namun juga luar pusat kota. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar