Hukum & Kriminal

Dua Pelaku Pembobol Rumah Asal Jombang Ditembak Polisi Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Petugas dari tim Macan Ronggolawe (Marong) Sat Reskrim Polres Tuban berhasil menangkap dan melumpuhkan dua orang pelaku komplotan pembobol rumah kosong asal Kabupaten Jombang yang kerap beraksi di wilayah Kabupaten Tuban, Sabtu (18/5/2019).

Dua pelaku yang berhasil dilumpuhkan dengan timah panas itu adalah Imam Mahjud (35), asal Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Jombang, dan Zaki (30), Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Jombang. Mereka dilumpuhkan lantaran berusaha terus kabur saat dilakukan pengrebekan.

Data yang dihimpun beritajatim.com, dua pelaku spesialis pencurian dengan sasaran rumah kosong tersebut telah beberapa kali melakukan aksinya di wilayah hukum Polres Tuban. Yang mana mereka melakukan aksinya di wilayah Kecamatan Kota dan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

“Untuk komplotan ini sudah lama kita incar. Mereka beraksi dengan sasaran rumah kosong dan melakukan pencurian satu kali di wilayah Kota Tuban dan di Kecamatan Semanding tiga lokasi,” terang AKP Mustijat Priyambodo, Kasat Reskrim Polres Tuban.

Aksi pencurian yang dilakukan kawanan pencuri itu terakhir terjadi sekitar tiga bulan yang lalu di wilayah Kecamatan Semanding, Tuban. Sehingga petugas dari tim Marong Sat Reskrim Polres Tuban terus melakukan pengejaran terhadap kedua pelaku tersebut.

“Dari hasil pengejaran dan penyelidikan yang kita lakukan, alhamdulillah kedua pelaku berhasil kita tangkap. Mereka kita tangkap dari wilayah Jombang,” tambah Kasat Reskrim setelah melakukan penangkapan pelaku pembobol rumah itu.

Adapun dalam melancarkan aksinya, modus dari Mahjud dan Zaki yang merupakan satu komplotan itu mencari rumah-rumah yang dalam keadaan kosong ditinggalkan pemiliknya. Kemudian mereka masuk ke dalam rumah dan mengambil barang-barang berharga, seperti perhiasan emas, uang dan juga handphone milik korbannya.

“Dari tangan pelaku ini kita amankan sejumlah barang bukti yang digunakan saat beraksi membobol rumah. Salah satu dari pelaku ini merupakan residivis,” papar AKP Mustijat.

Sementara itu, petugas dari Sat Reskrim Polres Tuban masih melakukan pengembangan terkait tertangkapnya dua kawanan pencuri spesialis rumah kosong itu. Pelaku bersama barang bukti kemudian dibawa ke Polres Tuban untuk dilakukan proses lebih lanjut.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar