Hukum & Kriminal

Ditbinmas Polda Jatim Sosialisasikan Sistem Pengamanan Berbasis BOS

Surabaya (beritajatim.com) – Sistem pengamanan penggunaan aplikasi Binmas Online System (BOS) disosialisasikan oleh Ditbinmas Polda Jatim pada ratusan direksi Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP).

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Sutan Ginting selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Jasa Pengamanan Korbinmas Mabes Polri sebagai narasumber. Dalam arahannya, ia mengatakan bahwa tujuan dibuat aplikasi BOS semata-mata untuk mempermudah perizinan yang disiapkan bagi BUPJ.

“BOS ini disiapkan untuk mempermudah perizinan, yang berkaitan dengan jasa pengamanan. Supaya lebih mudah, lebih cepat. Karena zaman sudah semakin maju,” papar AKBP Sutan Ginting, Kamis (4/7/2019).

Sehingga, menurutnya, penting untuk dilakukan sosialisasi adanya aplikasi yang disebut sudah dua tahun lalu itu diluncurkan. Supaya BUJP bisa memanfaatkannya. “Agar BUJP-nya sehat, baik bisnisnya,” lanjutnya.

Pihaknya mengharapkan, BUJP segera memanfaatkan layananan ini. Karena akan memberi dampak positif bagi perusahaan itu sendiri kedepan. Ia mencontohkan, saat BUJP mengalami permasalahan dan berhadapan dengan hukum, maka akan membutuhkan kelengkapan perizinan. Jika tidak, penyelesaian terhadap permasalahan yang ada akan sulit diatasi.

“Saat terjadi perampokan, perusahaan ini tidak mendapat asuransi karena tidak memenuhi syarat yang dikeluarkan oleh BI. Jadi tidak bisnis saja, harus punya standar baik dari satpamnya, tenaganya,” lanjut AKBP Sutan Ginting.

BOS merupakan aplikasi yang dikelola Korbinmas Mabes Polri dan memiliki tujuh fitur di dalamnya, yaitu Aplikasi Pelaporan Binmas, Aplikasi Mobile Pelaporan Binmas, Aplikasi Mobile Publik BOS, Aplikasi Sistem Informasi BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) Online, Aplikasi Sistem Informasi Satpam Online, Aplikasi Website Binmas, dan Aplikasi Dashboard.

Selain AKBP Sutan Ginting yang hadir sebagai pembicara, hadir pula Kombes Pol Sutrisno Dewo selaku Kasubdit Binkamsa Korbinmas Mabes Polri dan para pimpinan BUJP se-Jawa Timur. [uci/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar